Sabtu, 12 Oktober 2019 15:42 WITA

Ilham Azikin: Peserta Jambore Gratis Berwisata di Bantaeng

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
Ilham Azikin: Peserta Jambore Gratis Berwisata di Bantaeng
Bupati Bantaeng, Dr Ilham Azikin memberikan apresiasi terhadap seluruh peserta jambore Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB).

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Bupati Bantaeng, Dr Ilham Azikin memberikan apresiasi terhadap seluruh peserta jambore Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB).

Dia menyebut, hal ini adalah sebuah kehormatan menjadikan Bantaeng sebagai salah satu daerah tujuan untuk kegiatan yang berskala nasional seperti ini. 

"Merupakan suatu kehormatan bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bantaeng, atas penunjukan Kabupaten Bantaeng sebagai tempat berkumpulnya para pejuang lini depan Keluarga Berencana dalam acara yang begitu meriah ini, yaitu jambore PKB/PLKB," ujarnya dalam sambutan pada pembukaan jambore IPeKB, Sabtu (12/10/2019). 

Ilham Azikin melaporkan perkembangan program KKBPK di Bantaeng beberapa tahun terakhir. Dia menyebut, sejak tahun 2012 telah dibangun masing-masing satu Balai Penyuluhan KB di delapan kecamatan dan dilengkapi sarana penyuluhan serta penggerakan program KKBPK. 

Sementara melalui dana DAK non fisik telah dibiayai kegiatan-kegiatan penyuluhan, pertemuan, penggerakan dan pengolahan data. Dua tahun terakhir juga telah dikembangkan Kampung KB dan Pembinaan Ketahanan Keluarga. 

Dalam kesempatan itu, dia juga berterima kasih kepada semua peserta jambore. Dia menyebut, Bantaeng adalah salah satu daerah dengan tiga zona. Mulai dari dataran tinggi, dataran rendah dan pesisir pantai. 

Di ketiga zona ini, kata dia, terdapat banyak potensi wsisata. Sebagai bentuk terima kasihnya, Pemkab Bantaeng akan menggratiskan semua tempat wisata kepada semua peserta jambore yang datang ke Bantaeng. 

loading...

"Kepada semua peserta jambore, silakan berwisata di Bantaeng. Semua tempat ini akan kami gratiskan untuk peserta jambore," tuturnya. 

Kabupaten Bantaeng menjadi daerah pertama pelaksanaan jambore PKB/PLKB di Indonesia. Jambore ini juga sekaligus mencatatkan rekor Museum Rekor Indoesia (MuRI) penyuluhan KB terbesar di Indonesia secara serentak. 

Tercatat, ini adalah penyuluhan KB peserta terbanyak, yaitu 1.048 penyuluh dan 10.480 peserta di delapan kecamatan 64 desa/kelurahan. 

Resmi tercatat di MURI dengan urutan rekor ke-9217. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB).

Jambore ini berlangsung selama empat hari sejak tanggal 10 sampai dengan 13 Oktober 2019 dengan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Di antaranya kegiatan penyuluhan, seminar, pentas seni dan outbound. 
 

Loading...
Loading...