Sabtu, 12 Oktober 2019 10:55 WITA

Inilah Pesawat Ruang Angkasa China yang Akan Menjelajah Mars Pasa 2021

Editor: Suriawati
Inilah Pesawat Ruang Angkasa China yang Akan Menjelajah Mars Pasa 2021
CASIC

RAKYATKU.COM - China telah merilis foto pertama pesawat ruang angkasa yang akan melakukan perjalanan ke Mars. 

Penjelajah itu yang dinamai 'Mars 1'. Fotonya diterbitkan pada hari Jumat oleh perusahaan milik China, Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC).

Foto tersebut diposting di Weibo, kemudian dibagikan oleh beberapa outlet berita yang dikelola pemerintah, termasuk China Central Television Station dan Global Times.

Penjelajah tu terlihat ditutupi sebagian oleh lembaran gold, sementara spanduk di bagian depan menunjukkan bahwa itu sedang menjalani tes terakhir. Empat pekerja terlihat bekerja di sekitarnya.

China berencana untuk mendaratkan penjelajah di Planet Merah dalam waktu kurang dari dua tahun untuk merayakan ulang tahun keseratus Partai Komunis yang berkuasa.

Semua tim sekarang siap untuk meluncurkan pengujian, yang dijadwalkan akan berlangsung tahun depan.

loading...

Ye Jianpei, kepala ilmuwan Tiongkok untuk program eksplorasi luar angkasa, mengatakan tim mengharapkan Mars 1 mendarat di Mars pada peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis, yang akan jatuh pada 1 Juli 2021.

Dia mengatakan bahwa misi pertama China ke Mars ini akan dijalankan dengan tiga langkah. Pesawat ruang angkasa pertama -tama akan terbang di sekitar Planet Merah, lalu mendarat di atasnya dan mensurveinya. 

“Ada banyak kesulitan di dalamnya. Jika terbukti sukses, ini akan menjadi yang pertama kalinya negara mana saja menyelesaikan tiga tugas dalam satu misi," katanya seperti dikutip dalam posting media sosial resmi oleh Global Times. "Proyek ini sangat inovatif," tambahnya.

China telah membangun base-camp tiruan di Gurun Gobi untuk meniru lanskap dan kondisi kehidupan di Mars. Simulator ini menelan biaya sekitar $ 22,3 juta, dan akan dibuka untuk umum pada bulan April.

Tags
Loading...
Loading...