Sabtu, 12 Oktober 2019 09:00 WITA

Pesawat Kargo Presiden Kongo Hilang Kontak, Diduga Jatuh karena Cuaca Buruk

Editor: Nur Hidayat Said
Pesawat Kargo Presiden Kongo Hilang Kontak, Diduga Jatuh karena Cuaca Buruk
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Pesawat kargo yang mengangkut peralatan Presiden Kongo Felix Tshisekedi hilang kontak di Demokratik Kongo timur. Pesawat itu diduga jatuh karena cuaca buruk.

Mengutip AFP, Sabtu (12/10/2019), pesawat kargo Antonov 72 dilaporkan lepas landas pada Kamis (10/10/2019) dari Kota Goma untuk kembali ke ibu kota Kinshasa.

Wakil kepala kantor pers Tshisekedi, Giscard Kusema, mengatakan pesawat lepas landas saat cuaca sedang buruk. Otoritas Penerbangan Sipil (AAC) DRC (Republik Demokratik Kongo) menyebut, pesawat hilang kontak setelah 59 menit lepas landas.

"Yang kami tahu adalah bahwa pesawat lepas landas ketika kondisi cuaca di daerah itu mengerikan," katanya.

Pesawat itu diketahui telah menyiapkan bahan bakar untuk penerbangan selama enam jam. Pesawat ini juga tercatat membawa sebagian iring-iringan mobil Tshisekedi, bersama tiga anggota Pengawal Republik elit dan seorang pengemudi.

Loading...

Sementara itu, di Moskow, kantor berita Interfax mengutip Natalia Kononova, seorang karyawan di kedutaan Rusia di DRC, mengatakan ada warga Rusia yang menjadi bagian dari kru dalam pesawat.

Kecelakaan pesawat terbang yang melibatkan Antonov sering terjadi di DRC, terkadang menelan banyak korban jiwa. 

Pada September 2017, sebuah pesawat kargo Antonov yang disewa oleh tentara jatuh di dekat Kinshasa, menewaskan semua 12 orang di dalamnya.

Loading...
Loading...