Jumat, 11 Oktober 2019 14:23 WITA

Sempat Tertunda, Paripurna DPRD Sulsel Akhirnya Umumkan Ina Kartika sebagai Ketua Definitif

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Sempat Tertunda, Paripurna DPRD Sulsel Akhirnya Umumkan Ina Kartika sebagai Ketua Definitif
Rapat paripurna pengumuman Andi Ina Kartika Sari selaku ketua definitif DPRD Sulsel selama lima tahun ke depan, akhirnya digelar Jumat siang (11/10/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lika-liku proses penentuan ketua definitif DPRD Sulawesi Selatan periode 2019-2024 telah berakhir. 

Setelah sebelumnya mengalami beberapa kali penundaan, rapat paripurna pengumuman Andi Ina Kartika Sari selaku ketua definitif DPRD Sulsel selama lima tahun ke depan, akhirnya digelar Jumat siang (11/10/2019).

Sebelum rapat paripurna digelar, pengurus DPD I Partai Golkar Sulsel terlebih dahulu telah menyerahkan surat penetapan dari DPP Partai Golkar.

Surat itu diserahkan oleh Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Abdillah Natsir didampingi oleh dua pengurus Golkar Sulsel, masing-masing Waris Halid dan Andi Astuti Attas. 

Surat penetapan yang sempat menjadi polemik itu diterima secara langsung oleh Ina Kartika sendiri selaku ketua sementara DPRD Sulsel, didampingi oleh Wakil Ketua sementara DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif serta Pelaksana Tugas (Plt) Sekwan DPRD Sulsel, M Jabir.

Surat yang isinya menetapkan Andi Ina Kartika Sari sebagai ketua definitif DPRD Sulsel tersebut bernomor R-1176/GOLKAR/X/2019 tertanggal 9 Oktober 2019. Surat penetapan ditandatangani langsung oleh Ketua DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk F Paulus.

Sempat Tertunda, Paripurna DPRD Sulsel Akhirnya Umumkan Ina Kartika sebagai Ketua Definitif

loading...

Usai penyerahan surat penetapan dari DPP Partai Golkar itu, pimpinan sementara DPRD Sulsel langsung menggelar rapat pimpinan yang dihadiri oleh perwakilan seluruh fraksi. Forum rapim menyepakati digelarnya rapat paripurna sejam kemudian.

Rapat paripurna sendiri dipimpin oleh Ina Kartika selaku ketua sementara dan Syaharuddin Alrif selaku wakil ketua sementara. Hadir pula perwakilan Pemprov Sulsel yang diwakili oleh Asisten I, Aslam Patonangi.

"Berdasarkan surat penetapan dari DPP Partai Golkar, mengumumkan bahwa Andi Ina Kartika Sari sebagai calon pimpinan definifif DPRD Sulsel periode 2019-2024," tegas Wakil Ketua sementara DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif dalam forum paripurna tersebut.

Selanjutnya, DPRD Sulsel akan bersurat ke gubernur Sulsel yang selanjutnya di tindaklanjuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penerbitan SK. SK dari Kemendagri tersebut menjadi dasar untuk digelarnya pelantikan pimpinan definitif DPRD Sulsel periode 2019-2024.

Sebelumnya, empat pimpinan definitif DPRD Sulsel lainnya telah diumumkan pada rapat paripurna, Rabu (9/10/2019). Keempatnya merupakan pemilik kursi wakil ketua.

Masing-masing Syaharuddin Alrif (NasDem), Darmawangsyah Muin (Gerindra), Ni'matullah (Demokrat), serta Muzayyin Arif (PKS).

Loading...
Loading...