Jumat, 11 Oktober 2019 13:51 WITA

Gagas Balla Cara'de, Cara Fadli Ananda Kurangi Angka Pengangguran di Makassar

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Gagas Balla Cara'de, Cara Fadli Ananda Kurangi Angka Pengangguran di Makassar
Syukuran pembukaan Balla Cara'de, di Jalan Bonto Mene, Makassar, Jumat (11/10/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bakal calon wali kota Makassar, Fadli Ananda, terus menunjukkan keseriusannya untuk terjun langsung berbuat bagi masyarakat.

Sebagai representasi calon dari kalangan milenial, Fadli terus mencoba menciptakan inovasi-inovasi terbaru demi kemajuan Kota Makassar, khususnya inovasi yang bertujuan memajukan para generasi muda.

Terbaru, pemilik Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ananda itu meluncurkan tempat pembekalan skill anak muda bernama Balla Cara'de. Inovasi ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Makassar.

"Balla Cara'de ini kita buat berdasarkan hasil survei yang kami lakukan di mana menunjukkan bahwa masalah utama di Makassar adalah tingginya angka pengangguran, khususnya buat lulusan SMA. Hal Ini yang memotivasi kami membuat Balla Cara'de yang kita khususkan bagi orang-orang yang ingin menambah skill di berbagai bidang. Misalnya bidang desain, fotografi, marketing digital, dan lainnya," ungkap Dokter Fadli, sapaan karibnya, di sela-sela syukuran pembukaan Balla Cara'de, di Jalan Bonto Mene, Makassar, Jumat (11/10/2019).

Menurutnya, orang-orang yang tergabung dalam pelatihan Balla Cara'de nantinya akan diusahakan mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuan mereka.

"Kami bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mempekerjakan orang-orang yang telah mengikuti pelatihan di Balla Cara'de. Tapi kita akan melihat lagi, apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Jadi Balla Cara'de ini hadir bukan cuma untuk pelatihan, tetapi juga kami mencarikan tempat bekerja untuk para lulusannya," jelas Dokter Fadli.

loading...

Sementara itu, Koordinator Balla Cara'de, Asrul menjelaskan pelatihan di Balla Cara'de tidak dipungut biaya alias gratis. Sekali pelatihan, katanya, diperuntukkan maksimal 20 peserta per sesinya. Dalam satu sesi peserta akan belajar selama 2 jam.

"Peserta akan diajar oleh pengajar profesional dan ahli di bidangnya. Tapi, sebelumnya akan kami jadwalkan dan jadwalnya akan diumumkan melalui sosial media, grup, dan papan pengumuman di depan Balla Cara'de," bebernya.

Menurut Asrul, pelatihan akan dimulai pada Senin (14/10/2019) mendatang. Pelatihan awal tersebut akan diikuti 20 peserta yang telah mendaftar sebulan sebelumnya. Para pendaftar berasal dari jaringan yang sudah ada dan ingin bergabung di Balla Cara'de.

"Balla Cara'de nantinya akan dibuka di 13 kecamatan. Ini kita lakukan agar bisa menjangkau seluruh anak muda yang ingin belajar dan bekerja," tambah Asrul.

Sekadar diketahui, tak hanya berbentuk pelatihan, Balla Cara'de juga nantinya akan menggaet UMKM di Kota Makassar, sebagai upaya dukungan dalam pengembangan promosi produk lokal.

Loading...
Loading...