Kamis, 10 Oktober 2019 13:26 WITA

Liga Arab Akan Adakan Pertemuan Darurat, Bahas Serangan Turki di Suriah

Editor: Suriawati
Liga Arab Akan Adakan Pertemuan Darurat, Bahas Serangan Turki di Suriah
Helikopter militer Turki terbang ketika pasukan Turki dan AS kembali dari patroli gabungan di Suriah utara (File Foto: AFP)

RAKYATKU.COM - Liga Arab akan mengadakan pertemuan darurat pada hari Sabtu (12/1/2019) untuk membahas serangan Turki terhadap pasukan Kurdi di Suriah.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam, Hossam Zaki, asisten sekretaris jenderal Liga Arab mengatakan bahwa pertemuan dilakukan atas permintaan Mesir.

"Para menteri luar negeri Liga Arab akan berkumpul di Kairo pada 12 Oktober untuk membahas agresi Turki di wilayah Suriah," kata Zaki. 

Pengumuman itu muncul setelah Turki melancarkan serangan udara dan tembakan artileri di sepanjang perbatasan Suriah, yang mengundang kecaman internasional.

Loading...

Serangan udara itu kemudian disusul dengan serangan darat di Tal Abyad, sebuah wilayah di bawah kendali Unit Perlindungan Rakyat Kurdi Suriah (YPG).

Zaki menganggap gempuran itu "serangan yang tidak dapat diterima atas kedaulatan negara anggota Arab ... dan melanggar hukum internasional".

Dalam pernyataan lain sebelumnya, Liga Arab memperingatkan bahwa serangan yang berkembang dapat membantu Daesh (ISIS) bangkit kembali.

Loading...
Loading...