Minggu, 06 Oktober 2019 17:33 WITA

Viral Gaji Bupati Banjarnegara Rp5,9 Juta, Ini Fakta di Baliknya yang Jarang Diketahui Publik

Editor: Abu Asyraf
Viral Gaji Bupati Banjarnegara Rp5,9 Juta, Ini Fakta di Baliknya yang Jarang Diketahui Publik
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono

RAKYATKU.COM - Slip gaji Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono yang hanya Rp5,9 juta sempat viral di media sosial. Ada fakta di baliknya yang tidak dipublikasikan.

Banyak yang tidak percaya bahwa gaji bupati hanya Rp6 jutaan. Betapa tidak, para kandidat harus menghambur hingga puluhan miliar untuk mendapatkan jabatan tersebut.

Adakah orang yang mau buang-buang uang miliaran untuk menduduki jabatan yang gajinya hanya Rp6 juta? Rasanya tidak masuk akal, tetapi fakta itu juga tidak bisa dinafikan.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono sempat memperlihatkan langsung slip gaji bulan Oktober 2019.

Di situ tertera angka Rp6.114.100. Terdapat potongan zakat Rp152.900 sehingga tersisa Rp5.961.200.

"Gaji itu sudah termasuk tunjangan anak dan istri," kata Budhi seperti dikutip dari Antara.

Slip haji itu jadi viral di media sosial setelah diunggah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjarnegara melalui akun Instagram @kabupatenbanjarnegara.

"Harapan saya, mudah-mudahan Bapak Presiden juga melihat karena yang namanya bupati kalau protes dengan Presiden kan enggak berani," tambah Budhi.

Dia lantas membandingkannya dengan gaji anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara yang sekarang Rp32 juta per bulan. Itu belum termasuk tunjangan operasional, biaya kunjungan kerja, dan sebagainya.

Loading...

Setiap kali melakukan kunjungan kerja, dia melanjutkan, seorang anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara mendapatkan Rp5 juta. Sedangkan bupati Banjarnegara kalau ke Jakarta hanya sebesar Rp700 ribu per hari.

"Mudah-mudahan Beliau (Jokowi) sebagai orang tua saya dan panutan saya bisa melihat keadaan gaji bupati yang ada di seluruh Indonesia, saya kira sama," lanjut dia.

"Dari tahun 2010 sampai sekarang belum ada penyesuaian. Mudah-mudahan barangkali ada peningkatan, bisa bermanfaat untuk teman-teman kita semua di Indonesia yang sebagai kepala daerah," kata Budhi lagi.

Kendati demikian, Budhi mengakui bahwa selain gaji bupati juga mendapatkan tunjangan operasional Rp1 juta per hari jika melakukan kunjungan ke lapangan.

Menurut dia, tunjangan operasional tersebut digunakan untuk biaya makan bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja, patroli pengawalan, dan aparat lain yang ikut serta dalam kunjungan lapangan.

Selain itu, kata dia, ada juga tunjangan kesehatan berupa penggantian biaya perawatan di rumah sakit yang nilainya tidak dibatasi.

Tunjangan Operasional Ratusan Juta

HALAMAN
1 2 3
Loading...
Loading...