Minggu, 06 Oktober 2019 15:57 WITA

Serius Maju Pilkada Solo, Ini Daftar Bisnis Gibran Jokowi yang Dilimpahkan kepada Adik

Editor: Abu Asyraf
Serius Maju Pilkada Solo, Ini Daftar Bisnis Gibran Jokowi yang Dilimpahkan kepada Adik
Gibran Rakabuming (kanan)

RAKYATKU.COM - Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden RI Joko Widodo, mulai sukses jadi pengusaha. Lantas, mengapa buru-buru terjun ke dunia politik?

Gibran Rakabuming kian serius menyiapkan diri bertarung di Pilwalkot Solo 2020. Walau pendaftaran di PDIP Solo sudah tertutup, dia berharap bisa dapat rekomendasi DPP PDIP.

Sebagai bentuk keseriusannya, dia sudah berencana melimpahkan urusan bisnisnya kepada adiknya, Kaesang Pangarep.

Gibran bilang, pekan depan Kaesang sudah lulus kuliah. Dia sudah bisa diberi tanggung jawab yang lebih besar. Mengurus bisnis yang ditinggalkan Gibran jika terpilih menjadi wali kota Solo.

Sebagian besar usahanya akan dipegang Kaesang jika dia sudah terjun total ke politik. Dia yakin adiknya itu mampu menakhodai bisnis yang telah dibangunnya.

Daftar Bisnis Gibran

Gibran awalnya terjun di bisnis kuliner. Usaha pertamanya, katering. Seiring berjalannya waktu, lini bisnis di bidang kuliner pun melebar.

Katering bernama Chilli Pari terus berkembang walau tidak mendapat suntikan modal dari ayahnya. Gibran mengaku hanya dibantu saran.

Pada awalnya, dia hanya mendapat pesanan makanan sekitar 50-an orang. Kini, omzetnya sudah lebih dari Rp1 miliar per bulan. Bisnis makanan, katanya, memiliki keuntungan yang cukup besar.

Selain Chilli Pari, Gibran juga mendirikan bisnis kuliner martabak, Markobar. Bisnis ini kini sukses dan sudah memiliki 33 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Gibran juga meluncurkan kuliner minuman kekinian yakni Goola. Goola menawarkan aneka minuman tradisional seperti kacang hijau, es doger, dan es goola aren yang menjadi signature bisnis itu. 

Loading...

Bisnis ini, diketahui mendapatkan pendanaan dari pemodal ventura, Alpha JWS Ventures sebesar Rp70 miliar.

Tahun 2019, Gibran terus melebarkan sayapnya di industri kuliner. Kini ia mulai merambah ke dunia resto, dengan membuka restoran Mangkok Ku. 

Restoran ini merupakan hasil kolaborasinya bersama Chef Arnold Poernomo, dan sang adik, Kaesang Pangarep.

Menu andalannya ada Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg, Brisket Spicy Sauce, Ox-Tounge Dabu, Crispy Chicken, Fire Fried Chicken, dan Egg Sausage Mayo.

Gibran melengkapi bisnis kulinernya dengan meluncurkan produk makanan dan minuman instan, hasil kolaborasi dengan sang adik, Kaesang. Dengan nama 'Siap Mas', produk makanan ini baru saja diluncurkan di bulan Agustus 2019.

Kali ini, Gibran dan Kaesang meluncurkan produk Kemripik dan Ngedrink. Sesuai namanya, ada keripik renyah aneka varian, dan minuman seduh instan aneka rasa tradisional.

Kedua produk resmi dipasarkan lewat jaringan ritel Indomaret. Untuk varian Kemripik terdiri dari tiga rasa yaitu original, nasi goreng seafood, dan seblak Bandung dengan harga Rp7.700 per bungkus. 

Sementara varian Ngedrink juga terdiri dari tiga rasa, ada kacang ijo, jahe kacang, dan jahe susu yang dikemas dalam gelas karton seharga Rp5.800 per buah.

Selain kuliner, Gibran juga mendirikan bisnis berbasis aplikasi bernama Kerjaholic. Gibran bekerja sama dengan Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat.

Aplikasi ponsel ini menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari kerjaan lepas dan paruh waktu.
 

Loading...
Loading...