Minggu, 06 Oktober 2019 08:00 WITA

Fosil Hewan Purba Terbang Terbaru Ditemukan di Australia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Fosil Hewan Purba Terbang Terbaru Ditemukan di Australia

RAKYATKU.COM - Fosil pterosaurus paling signifikan di Australia telah ditemukan di daerah Winton di Queensland barat tengah. Spesies yang baru ditemukan itu memiliki lebar sayap sekitar 4 meter (13 kaki). 

Hewan purba itu hidup sekitar 96 juta tahun yang lalu. Dan secara mengejutkan mirip dengan pterosaurus lain dari Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa reptil terbang besar ini dapat melintasi dunia dengan relatif mudah, dikutip dari Science Alert, Minggu (6/10/2019).

Pterosaurus cukup langka dalam catatan fosil, karena tulang mereka berlubang dan sebagian besar tulang luar hanya setebal 1 milimeter. Hanya 15 spesimen pterosaurus yang pernah dideskripsikan secara ilmiah dari Australia, banyak di antaranya tidak lengkap.

Sampai baru-baru ini, hanya dua spesies pterosaurus Australia yang telah dideskripsikan: Mythunga camara dan Aussiedraco molnari , keduanya berdasarkan fragmen tengkorak fosil.

Meskipun fosil pterosaurus serupa yang lebih lengkap diketahui dari Brasil dan Cina, hingga penemuan ini, pemahaman kita tentang pterosaurus yang hidup di Australia selama periode Cretaceous terbatas.

loading...

Spesimen pterosaurus baru, yang diluncurkan hari ini di jurnal Scientific Reports , termasuk tengkorak parsial, lima vertebra leher parsial, dan tulang dari kedua sayap kiri dan kanan.

Individu khusus ini mewakili orang dewasa yang sudah dewasa, berdasarkan perpaduan yang terlihat pada beberapa tulang. Dilihat dari tulang sayapnya dan dimensi pterosaurus yang serupa, Ferrodraco akan memiliki lebar sayap sekitar 4 meter, dengan tengkorak mungkin panjangnya mencapai 60 sentimeter (24 inci). Sangat mungkin makan terutama ikan.

Nama genus Ferrodraco merujuk pada fakta bahwa reptil bersayap ini ditemukan terpelihara di batu besi. Dan nama spesies lentoni menghormati mantan walikota Winton Shire Graham "Butch" Lenton , sebagai pengakuan atas pengabdiannya kepada masyarakat. Daerah Winton dalam beberapa dekade terakhir menghasilkan beberapa fosil dinosaurus yang terpelihara dengan baik.

Ferrodraco hidup 96 juta tahun yang lalu, di sekitar danau dan sistem sungai yang dikelilingi oleh hutan konifer. Berdasarkan bukti fosil lainnya, pterosaurus ini berbagi lingkungannya dengan beberapa dinosaurus termasuk sauropoda Diamantinasaurus dan Savannasaurus , theropoda seperti Australovenator , ornithopoda, dan ankylosaurus. Bersaing dengan Ferrodraco untuk ikan dalam sistem sungai air tawar adalah crocodylomorphs (seperti Isisfordia ) dan plesiosaurus.

Loading...
Loading...