Minggu, 06 Oktober 2019 02:00 WITA

Thread, Aplikasi Baru Facebook yang Bisa Sinkron dengan Instagram

Editor: Andi Chaerul Fadli
Thread, Aplikasi Baru Facebook yang Bisa Sinkron dengan Instagram

RAKYATKU.COM - Facebook pada 3 Oktober lalu telah meluncurkan Threads, sebuah aplikasi perpesanan gambar-sentris yang dirancang untuk terhubung dengan Instagram. Aplikasi ini digadang-gadang untuk menyaingi Snapchat.

Threads adalah aplikasi smartphone terpisah, tetapi menghubungkan ke dalam daftar "teman dekat" yang Instagram buat untuk dibuat pengguna akhir tahun lalu, menurut Direktur produk Robby Stein.

"Utas adalah cara tercepat untuk berbagi foto atau video dengan teman dekat Anda di Instagram," kata Stein, dikutip dari Asia One, Minggu (6/10/2019).

"Pesan dari daftar teman dekat Anda akan muncul di Thread dan Langsung, sehingga Anda memiliki kontrol penuh atas bagaimana dan dengan siapa Anda ingin berinteraksi."

Aplikasi Threads terbuka langsung di kamera ponsel pintar, sehingga mudah untuk berbagi foto atau video dalam gaya pesan visual yang telah populer di kalangan pengguna muda yang telah berbondong-bondong ke Snapchat dan Instagram.

Membiarkan orang bergeser dari menyiarkan gambar secara publik ke berbagi secara lebih pribadi juga sejalan dengan penekanan oleh kepala eksekutif Facebook Mark Zuckerberg tentang menciptakan "ruang keluarga digital" daripada "ruang kota" online.

"Untuk lingkaran teman-teman Anda yang lebih kecil, kami melihat kebutuhan untuk tetap lebih terhubung sepanjang hari, sehingga Anda dapat mengkomunikasikan apa yang Anda lakukan dan bagaimana perasaan Anda melalui foto dan video," kata Stein.

loading...

"Itu sebabnya kami membangun Threads, cara baru untuk mengirim pesan dengan teman dekat di ruang pribadi yang berdedikasi."

Utas memberi pengguna opsi untuk secara otomatis berbagi pembaruan status termasuk di mana mereka berada, misalnya di kafe atau saat bepergian, tanpa berbagi lokasi yang tepat.

Fitur ini berjanji untuk meningkatkan masalah privasi, mengingat kritik yang menghantam Facebook tentang seberapa baik itu melindungi data orang.

"Anda dapat memilih dari status yang disarankan, membuat status Anda sendiri atau mengaktifkan Status Otomatis, yang secara otomatis berbagi sedikit konteks di mana Anda berada tanpa memberikan koordinat Anda," kata Stein.

"Hanya teman dekatmu yang akan melihat statusmu, dan itu sepenuhnya diikutkan."

Utas mulai diluncurkan secara global untuk ponsel cerdas yang ditenagai oleh Apple atau perangkat lunak Android yang didukung Google.

Loading...
Loading...