Jumat, 04 Oktober 2019 19:08 WITA

NasDem Gelar Rakernas Bidang Pertanian, SYL: Kami Hadir Untuk Rakyat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
NasDem Gelar Rakernas Bidang Pertanian, SYL: Kami Hadir Untuk Rakyat
Foto/Ist.

RAKYATKU.COM, JAKARTA -- Partai NasDem tak ingin main-main dalam hal kesejahteraan rakyat. Sebagai bukti, partai besutan Surya Paloh ini secara khusus membahas pertanian dan maritim dalam Rakernas di Jakarta, Jumat (5/10/2019).

Ketua DPP NasDem, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan, NasDem hadir untuk rakyat. Untuk itu kata mantan gubernur Sulsel ini, salah satu hal yang menjadi prioritas NasDem adalah pertanian dan maritim. 

Penegasan SYL, bukan tanpa alasan. Indonesia adalah negara agraris. Juga, mempunyai wiayah maritim yang begitu luas. 

Tak ayal, kata dia, NasDem hadir untuk menjawab semua tantangan itu ke depan. "NasDem hadir untuk rakyat. Dan kita harus memberikan yang terbaik dengan kerja kerja kerja," kata Syahrul.

Lalu, apa yang menjadi prioritas Rakernas NasDem bidang pertanian dan maritim ini? Setidaknya, ada beberapa poin.

Pertama, sektor pertanian merupakan sokoguru pembangunan dan masih banyak PR yang harus dibenahi dalam meningkatkan kesejahteraan petani dengan meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Sektor pertanian masih digambarkan sebagai sektor yang identik dengan kemiskinan dan kemiskinan terbesar adalah para petani dipedesaan 

Untuk itu, pemerintah berusaha mengurangi kemiskinan ini dengan memberikan subsidi kepada para petani melalui kartu tani, pupuk subsidi dan sebagainya.

Kedua, untuk meningkatkan produktivitas petani maka diperlukan kerja sama dan kontribusi semua stake holder negeri untuk membuat gerakan bersama meningkatkan hasil pertanian yang terstruktur, sistematis, dan masif, serta mempunyai konsep yang kuat untuk mewujudkannya.

Ketiga, revolusi Industri 4.0 sudah harus dicanangkan dan diimplementasikan segera.

Loading...

Keempat, harus banyak dilakukan research di sektor pertanian dan harus  terintegrasi dan berkesinambungan sehingga mendapatkan bibit yang baik dan hasil yang signifikan.

Kelima, produksi dan pemasaran pertanian harus di backup oleh perbankan yang punya komitmen yang kuat untuk membantu petani sehingga petani tetap fokus dalam produksi dan tidak terjerat rentenir.

NasDem Gelar Rakernas Bidang Pertanian, SYL: Kami Hadir Untuk Rakyat

Keenam, industri pertanian sudah merupakan suatu hal yang mendesak dalam rangka mensejahterakan petani.

Ketujuh, Provinsi Sulsel sudah melakukan eksperimen penggunaan teknologi satelit untuk menangkap gurita sehingga mendapatkan hasil yang sangat luar biasa dan menjadi pengekspor gurita.

Delapan, NasDem akan menjadi pelopor untuk membantu petani dalam memanfaatkan IOT internet of thing dalam produksi maupun pemasarannya. 

"Kita sangat yakin, dengan kerja keras dan melibatkan semua stake holder, kesejahteraan masyarakat kita bisa maksimalkan," tandas Syahrul.


 

Loading...
Loading...