Minggu, 29 September 2019 13:34 WITA

Dandim Kuras Air Mata Warga Desa Panincong Soppeng

Penulis: Muh Ikhlas
Editor: Mays
Dandim Kuras Air Mata Warga Desa Panincong Soppeng
Seorang pelajar memeluk Dandim 1423 Soppeng dengan penuh haru.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Sabtu malam, 28 September 2019. Di panggung lapangan Andi Besse, Desa Panincong, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, terbentang sebuah layar.

Kodim 1423 Soppeng, menggelar acara nonton bareng. Acara ini bagian dari kegiatan Pra TMMD ke-106.

Pada  kesempatan tersebutm Dandim 1423 Soppeng, Letkol  Fajar Catur, mengucapkan kata perpisahan. Akhir tahun ini, dirinya harus pindah demi kariernya.

"Saya sudah 2 tahun menjabat di Soppeng, dan insyaallah akan pindah akhir tahun nanti. Pak Bupati juga meminta saya untuk mengejar karier saya," ungkap Dandim.

Pada acara tersebut, Dandim juga membahas makna lagu Indonesia Raya. Berbagai makna dari setiap paragraf dari lagu tersebut dijelaskannya di hadapan masyarakat dan pelajar yang hadir.

"Indonesia Tanah Airku, di hadapan bapak-bapak dan ibu sekalian saya bukan orang Jawa, kita semua orang Indonesia. Bermacam-macam suku, namun semuanya Indonesia," ungkapnya.

Lanjutnya, sebagai warga Indonesia kita harus menjaga Indonesia, melalui kata-kata dan diikuti dengan perbuatan. 

loading...

"Di sanalah Aku berdiri, jadi pandu ibuku. Apa itu pandu? Pandu artinya menjaga, sebagai masyarakat Indonesia kita harus menjaga Indonesia, kita harus bersatu dan jangan terpecah belah," paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Dandim juga memutarkan lagu ciptaannya yang berjudul "Ibu", yang membuat sejumlah masyarakat yang hadir meneteskan air mata.

"Jaga nama orang tuamu. Kalian harus bersyukur yang masih memiliki orang tua yang lengkap. Dan adik-adik yang sudah tidak memiliki ibu. Saya bangga karena kalian masih memiliki kemauan untuk belajar," ungkapnya.

Sementara itu, Asriani (20), salah seorang warga mengaku antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, karena menurutnya Ia bisa mengisi malam minggunya dengan kegiatan positif seperti ini.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami masyarakat Desa Panincong khususnya bisa mengisi malam Minggu dengan kegiatan kebangsaan seperti ini," ungkapnya.

Acara ditutup dengan pemutaran film Merah Putih Memanggil. Selain Dandim, acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Soppeng A Kaswadi Razak, camat, Kepala Desa Panincong, dan sejumlah kepala SKPD.

Loading...
Loading...