Rabu, 25 September 2019 12:09 WITA

Jajaki Pengembangan Perkebunan, Kementerian Perindustrian Kunjungi Palopo

Editor: Mays
Jajaki Pengembangan Perkebunan, Kementerian Perindustrian Kunjungi Palopo
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir (kedua dari kiri), saat menerima pihak BBIHP Makassar, Kementerian Perindustrian.

RAKYATKU.COM, PALOPO - Mengenakan pakaian dinas harian warna putih, Wali Kota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, menyambut langsung kedatangan pihak Kementerian Perindustrian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar, di Ruang Kerja Wali Kota Palopo, Lantai 3, Rabu, 25 September 2019.

Kedatangan BBIHP tersebut, menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan industri yang berbasis  multi guna. Salah satunya, kakao. Yang lainnya, kopi, dan kelapa sawit yang memang menjadi komoditas unggulan dari program kerja BBIHP.

"Memang tugas kami memfasilitasi penelitian, pengujian, pengembangan wirausaha baru, dan sertifikasi produk," ujar Kepala BBIHP, Tirta Wisnu Permana.

Tirta berharap, mudah-mudahan ada program yang bisa mereka tindaklanjuti dengan Pemkot Palopo. Salah satunya, pengembangan sentra kakao, pengembangan sistem integrasi berbasis komoditi rumput laut, dan terkait pengembangan CPO kelapa sawit.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, mengaku sangat merespons dan sangat ingin bekerjasama dengan BBIHP. 

loading...

Menurut Judas, ada beberapa hal yang menarik sesuai potensi daerah di Kota Palopo, di antaranya, meminta bimbingan tuntas untuk produk yang siap dipasarkan seperti hasil olahan kakao, dan Pemkot Palopo siap memfasilitasi infrastruktur seperti lokasi, bangunan, alat dan SDM. 

Selain itu, termasuk salah satu di Kota Palopo yang terkenal, adalah potensi rumput laut. Wali kota meminta pula, agar difasilitasi untuk menghasilkan produk hasil olahan rumput laut.

Dari rombongan BBIHP, hadir Kepala Bidang Penilaian Kesesuaian BBIHP, Ransi Pasae, Asma Assa (Peneliti BBIHP), dan Hardianzah Rahmat (staf sertifikasi BBIHP).

Dari Pemkot Palopo, hadir Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr. dr. Ishaq Iskandar M. Kes, Kepala Dinas Perindustrian Palopo, Akkaseng, Kepala Dinas Perdagangan Palopo, Zulkifli, Kepala Dinas Pariwisata, Ilham, dan Kepala Dinas Koperasi, Dra. Munasirah.

Loading...
Loading...