Senin, 23 September 2019 12:29 WITA

Gegara Kata-kata 'Jihad', Nominator 'British Muslim of the Year' Diselidiki Polisi

Editor: Suriawati
Gegara Kata-kata 'Jihad', Nominator 'British Muslim of the Year' Diselidiki Polisi
Sumaira Farrukh

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Seorang aktivis terkemuka yang pernah dinominasikan untuk penghargaan British Muslim of the Year sedang diselidiki oleh polisi, setelah sebuah video menunjukkan dia berkata "jihad adalah satu-satunya solusi."

Sumaira Farrukh, 38 tahun, melontarkan kata-kata itu dalam sebuah demonstrasi di Birmingham bulan lalu, yang memprotes rencana India melepaskan Kashmir dari pemerintahan sendiri.

"Biarkan mereka menjalani hidup mereka sendiri - tidak lebih dari itu. Dan satu hal yang dapat megungkapkan kebenaran kepada komunitas Muslim. Hanya ada satu solusi, yaitu jihad. Tanpa protes, tidak ada. Hanya jihad," katanya.

Polisi telah memeriksa rekaman itu dan mengunjungi Farrukh di rumahnya di Birmingham. 

Farrukh membantah menghasut kekerasan dengan menggunakan kata jihad. Dia mengatakan bahwa itu hanya merujuk pada perjuangan.

Jihad dalam Islam dapat berarti segala jenis perjuangan, tetapi kata tersebut memiliki konotasi kekerasan setelah disalah gunakan oleh kelompok-kelompok teroris seperti Negara Islam (ISIS).

Gegara Kata-kata 'Jihad', Nominator 'British Muslim of the Year' Diselidiki Polisi"Arti jihad bukanlah makna tertentu," kata Farrukh

Loading...

"Jika Anda memiliki masalah dengan Pemerintah Inggris dan Anda ingin mengangkat suara Anda, perjuangan itu disebut jihad dalam arti Islam. Orang Muslim tahu arti kata itu dalam konteks itu."

"Apakah Anda pikir aku tipe orang yang akan menggunakan kata itu untuk mendorong orang pergi dan bertarung?"

Ditanya apakah bijak menggunakan kata dalam iklim saat ini, dia berkata: "Orang-orang yang mengkritik saya adalah orang-orang yang tidak ingin seorang wanita berbicara."

Dia juga mengatakan bahwa dia tidak menyesali pilihan kata-katanya. "Saya sangat jelas dengan kata-kata saya. Sebagai manusia, adalah tanggung jawab kita untuk mengangkat suara kita untuk rakyat Kashmir."

"Itulah maksud saya - membela orang-orang yang menderita. Jihad berarti perjuangan, makna yang sama seperti jika kita melakukan protes di luar Downing Street."

Sumaira Farrukh merupakan kepala eksekutif saluran TV Muslim, Noor TV. Dia adalah finalis dalam kategori 'pengusaha wanita tahun ini' di penghargaan British Muslim of the Year pada tahun 2017.

Tags
Loading...
Loading...