Senin, 23 September 2019 07:00 WITA

Bergaji Puluhan Juta, Ini Deretan Pekerjaan Paling Oke di Indonesia

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bergaji Puluhan Juta, Ini Deretan Pekerjaan Paling Oke di Indonesia

RAKYATKUCOM - Saat ini Indonesia sedang memasuki periode bonus demografi di mana kelas produktif atau berusia 22 tahun hingga 50 tahun mendominasi populasi. 

Kelompok kerja ini cukup aktif mencari lowongan kerja dengan target mendapatkan gaji yang tinggi.

Dilansir laman CNBC Indonesia, berikut ini beberapa sektor yang menawarkan gaji tinggi pada pegawainya.

1. Bank dan Keuangan

Untuk bank dan keuangan terbagi dalam beberapa pembagian. Misalnya untuk asuransi, untuk Jabatan Chief Information Security Officer  dengan kisaran gaji Rp 65-80 juta.

Di Retail dan Corporate Banking, untuk jabatan head of credit dengan kisaran gaji Rp 88-130 juta. Sementara untuk Direktur Operasional gaji yang didapatkan bisa berkisar Rp 165-330 dan Relationship Manager dengan kisaran Rp 9-25 juta.

2. Barang konsumsi dan jasa

Di Asia Tenggara, Indonesia memegang peran sangat penting untuk barang-barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) dan sektor ritel. Berkat populasi besar, kelas menengah yang tumbuh, dan kebiasaan belanja yang semakin modern. Indonesia memiliki basis konsumen yang sedang berkembang, sektor ini pun sangat menjanjikan.

Di sektor yang baru berkembang, e-commerce bergerak sangat cepat dan menarik minat anak muda. Untuk posisi Digital Marketing gaji yang bisa didapatkan berkisar Rp 25-52 juta, kemudian Account Manager dengan kisaran gaji Rp 10-27, dan IT Operation Manager Rp 40-60 juta.

Sementara di sektor pendidikan, untuk Head of Sales dan Operasi bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 22-33 juta dan Sales Manager Rp 11-33 juta. Sementara di FMCG pekerjaan dengan gaji menarik misalnya Key Account Manager dengan kisaran Rp 15-35 juta dan Plant Manager Rp 20-55 juta.

3. Engineering

Loading...

Dalam industri manufaktur, investasi dalam agro-industri sedang dan akan terus menjadi kekuatan pendorong pertumbuhan. Pada Semester I-2018 investasi agro industri senilai US$ 1,7 miliar, sementara investasi asing melebihi US$ 1,1 miliar.

Selain itu, stimulus ekonomi yang digulirkan pemerintah untuk memacu pertumbuhan ekonomi juga termasuk tax holiday untuk sektor manufaktur berbasis pertanian.

Negara ini mungkin membutuhkan setidaknya 113 juta pekerja terampil pada tahun 2030.

Berikut beberapa pekerjaan dengan gaji menarik di sektor ini, seperti Business Development Manager dengan kisaran gaji Rp 40-80 juta, dan Accounting Manager Rp 20-25 juta. Sementara di sektor pertambangan Sales Manager, heavy Equipment kisaran gaji Rp 16-40 juta. Sementara di sektor petrokimia Sales Manager bisa mendapatkan Gaji Rp 22-44 juta.

4. Life Sciences

Indonesia mendominasi pasar farmasi di Asia Tenggara, penjualannyanya pun lebih tinggi dari  Malaysia dan Fhilipina. Sektor ini melanjutkan pertumbuhannya sebesar 12,2%  pertahun. Meski demikian pembuat obat multinasional bermain di pasar lokal juga bisa mengharapkan kenaikan persaingan ke depan.

Di bidang jasa kesehatan dan rumah sakit, IT Director memiliki kisaran gaji Rp 80-110 juta. Kemudian Finace dan Accounting Manager sekitar Rp 55-85 juta. Di sektor farmasi untuk jabatan HR director bisa mendatkan gaji Rp 80-150 juta, dan Key Account manafer Rp 25-30 juta.

5. Teknologi Tinggi

Indonesia menetapkan tujuan jangka panjang yang ambisius mengubah dirinya menjadi produksi global basis untuk produsen mobil terkemuka dunia. Prestasi yang semakin dekat untuk dicapai setiap tahun. Di sektor Otomotif untuk Technical specialist bisa mendapatkan Rp 10-25 juta, sementara R&D manager bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 27-44 juta.

Untuk teknologi informasi, seorang data analis bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 11-27 juta, dan Java Programer Rp 10-20 juta, Softaweare developer Rp 15-40 juta.

Tags
Loading...
Loading...