Minggu, 22 September 2019 18:27 WITA

Sopir yang Bunuh Putri Diana Bilang, Dia Dilarang Polisi Prancis Buka Mulut

Editor: Aswad Syam
Sopir yang Bunuh Putri Diana Bilang, Dia Dilarang Polisi Prancis Buka Mulut
Le Van Thanh, sopir yang tabrak mobil Putri Diana

RAKYATKU.COM, PARIS - Sopir yang mobilnya diduga telah memotong jalur kendaraan yang ditumpangi Putri Diana sebelum kecelakaan fatalnya di Paris, mengklaim bahwa ia diperintahkan untuk tidak membicarakan kecelakaan itu. 

Le Van Thanh, kelahiran Vietnam, berbicara untuk pertama kalinya tentang klaim, bahwa Fiat Uno putihnya adalah kendaraan yang menabrak Mercedes Diana.

Dia mengklaim, ketika polisi Inggris memintanya untuk datang ke Inggris untuk berbicara dengan mereka tentang kecelakaan itu, beberapa petugas Prancis memerintahkannya untuk tidak pergi ke sana.

Diana meninggal, setelah mobilnya menabrak pilar di terowongan Pont de l'Alma di Paris pada 31 Agustus 1997.

Selama kecelakaan, Dodi Fayed dan sopirnya Henri Paul, juga tewas dan sementara pengawal Diana, Trevor Rees-Jones selamat, dia terluka parah.

Pada tahun 2006, ayah Van Thanh mengklaim, bahwa putranya telah memperbaiki mobilnya dan memberikan respes pada hari itu - sehingga para penyelidik percaya, bahwa itu mungkin bertabrakan dengan kendaraan Diana.   

Cat putih pada kendaraannya cocok dengan yang ditemukan di reruntuhan mobil Diana dan dia diperiksa oleh polisi Prancis pada tahun 1997.  

Van Thanh kini akhirnya dilacak, dan telah menjelaskan untuk pertama kalinya mengapa ia menolak datang ke Inggris untuk membantu penyelidikan polisi.

Van Thanh mengatakan kepada sebuah tim yang menulis buku tentang kecelakaan itu, bahwa ia akan 'menerima' para penyelidik Scotland Yard, jika mereka ingin berbicara dengannya, lapor The Daily Star Sunday.  

Dia diberi tahu, penyidik ??Inggris masih putus asa untuk berbicara dengannya tentang malam kecelakaan itu.

Dia menjawab dengan mengatakan: "Saya tahu mereka akan datang. Beberapa kali mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka akan kembali.

Loading...

"Karena pada akhirnya mereka mengatakan kepada saya, 'Ya, mereka akan datang'. Mereka ingin saya pergi ke Inggris.

"Anda tahu apa yang dikatakan polisi Prancis kepada saya? "Ini bukan hukum yang sama dengan di Prancis, jangan pergi ke sana. Jangan ke sana'.  

Mengatasi fakta mobil putihnya dicat ulang merah, dia menambahkan: "Laporan polisi - mereka tahu mengapa saya mengecatnya kembali. Ketika Anda tidak punya uang dan Anda memiliki mobil tua yang rusak, apa yang Anda lakukan?'

Van Thanh menambahkan, dia merasa 'dibebaskan' dan 'tidak bersalah' atas tuduhan bahwa dia terlibat dalam kematian Diana. 

Klaim baru Van Thanh bahwa polisi Prancis memerintahkannya untuk tidak bekerja sama, telah memicu seruan agar penyelidikan atas kematian Diana dibuka kembali. 

Michael Mansfield QC, yang mewakili ayah Dodi, Mohamed Al-Fayed di pemeriksaan Diana, mengatakan: "Ada tanda tanya nyata di sini, karena pihak berwenang Prancis sangat ingin memastikan bahwa itu dipersalahkan kepada paparazzi.

"Dia (Le Van Thanh) membuat mobilnya di respres. Mercedes jelas menabrak Fiat. 

"Apakah itu kecelakaan oleh pengemudi yang mengemudi terlalu cepat ke terowongan atau apakah Fiat Uno berada di jalur yang salah, saya tidak bisa menerimanya lebih dari itu."

Mantan koresponden BBC BBC Michael Cole mengatakan wawancara wartawan dengan Van Thanh harus diteruskan ke pemerintah Inggris dan Perancis, sebagai bagian dari permintaan resmi untuk membuka kembali penyelidikan Diana sebagai kasus dingin.

Dia menambahkan: "Sebagai hal yang mendesak, informasi ini harus disampaikan kepada petugas pengadilan."

Loading...
Loading...