Minggu, 22 September 2019 06:00 WITA

Facebook Tangguhkan 400 Aplikasi untuk Penyelidikan Skandal Data

Editor: Andi Chaerul Fadli
Facebook Tangguhkan 400 Aplikasi untuk Penyelidikan Skandal Data

RAKYATKU.COM - Facebook telah menangguhkan puluhan ribu aplikasi untuk penyelidikan perusahaan sebagai tanggapan atas skandal Cambridge Analytica.

Aplikasi yang ditangguhkan tersebut dikaitkan dengan sekitar 400 pengembang, kata Facebook. Perusahaan teknologi itu juga menambahkan bahwa penangguhan tidak selalu merupakan indikasi jika aplikasi tersebut ancaman bagi pengguna, dikutip dari Mirror Online, Minggu (22/9/2019).

Facebook Inc membuat pengumuman hari ini bahwa penangguhan aplikasi sebagai bagian dari penyelidikan pengembang aplikasi perusahaan yang sedang berlangsung itu dimulai pada Maret 2018.

Awal tahun ini, perusahaan setuju untuk membayar denda $ 5 miliar yang memecahkan rekor kepada Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) untuk menyelesaikan penyelidikan pemerintah dalam praktik privasinya.

Facebook telah mengatakan: "Investigasi Pengembang Aplikasi kami belum selesai. Tapi ada kemajuan berarti untuk dilaporkan sejauh ini.

"Hingga saat ini, penyelidikan ini telah ditujukan kepada jutaan aplikasi. Dari jumlah itu, puluhan ribu telah ditangguhkan karena berbagai alasan sementara kami terus menyelidiki."

Penyelidikan privasi FTC dipicu tahun lalu oleh tuduhan bahwa Facebook melanggar keputusan persetujuan 2012 dan berbagi informasi yang tidak tepat dari 87 juta pengguna dengan perusahaan konsultan politik Inggris Cambridge Analytica.

Loading...

Sejak itu Facebook telah setuju untuk meningkatkan perlindungan pada data pengguna dan telah membatasi jumlah informasi yang dapat diminta pengembang pihak ketiga dari pengguna platform.

Perusahaan itu mengatakan dalam sebuah posting blog: "Kami membuat kemajuan. Kami tidak akan menangkap semuanya, dan beberapa dari apa yang kami tangkap akan dengan bantuan dari orang lain di luar Facebook."

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Facebook hari ini mengatakan: "Penting untuk memahami bahwa aplikasi yang telah ditangguhkan terkait dengan sekitar 400 pengembang.

"Ini tidak selalu merupakan indikasi bahwa aplikasi ini mengancam orang. Banyak yang tidak hidup tetapi masih dalam tahap pengujian ketika kami menangguhkannya.

"Bukan hal yang aneh bagi pengembang untuk memiliki beberapa aplikasi pengujian yang tidak pernah diluncurkan. Dan dalam banyak kasus, pengembang tidak menanggapi permintaan informasi kami sehingga kami menangguhkannya, menghormati komitmen kami untuk mengambil tindakan."

Loading...
Loading...