Minggu, 22 September 2019 03:30 WITA

Darah Wanita Ini Menjadi Biru, Dokter Temukan Penyebabnya

Editor: Andi Chaerul Fadli
Darah Wanita Ini Menjadi Biru, Dokter Temukan Penyebabnya

RAKYATKU.COM - Seorang wanita dilarikan ke rumah sakit setelah kesulitan bernapas dan kulitnya mulai membiru. Gadis berusia 25 tahun itu semakin ketakutan ketika dokter menemukan darahnya juga membiru.

Petugas medis dengan cepat melakukan serangkaian tes yang mengungkapkan tingkat saturasi oksigen dalam darahnya berada di 88 persen, dikutip dari Daily Star, Minggu (22/9/2019).

Tingkat sehat biasanya 97-100 persen, artinya tingkat oksigen di darah wanita itu sangat rendah.

Yang mengkhawatirkan, oksigen tambahan juga tidak membantu, dan tingkat kejenuhannya menurun hingga 67 persen.

Tetapi akhirnya petugas medis menemukan penyebabnya.

Mereka menemukan kondisi aneh wanita itu adalah akibat dari obat sakit gigi yang diminumnya.

Malam sebelum dia pergi ke rumah sakit, wanita itu menggunakan dosis besar pereda sakit gigi topikal yang mengandung anestesi lokal yang disebut benzocaine.

Loading...

Para dokter menemukan wanita itu, dari Rhode Island di New England, AS, telah memperoleh methemoglobinemia, kelainan darah di mana terlalu sedikit oksigen dikirim ke sel-sel Anda.

Healthline menjelaskan: “Oksigen dibawa melalui aliran darah Anda oleh hemoglobin, protein yang melekat pada sel darah merah Anda."

“Biasanya, hemoglobin kemudian melepaskan oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh Anda. Namun, ada jenis hemoglobin spesifik yang dikenal sebagai methemoglobin yang membawa oksigen melalui darah Anda tetapi tidak melepaskannya ke sel."

"Jika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak methemoglobin, itu dapat mulai menggantikan hemoglobin normal Anda. Ini dapat menyebabkan tidak cukupnya oksigen untuk masuk ke sel Anda.”

Darah teroksigenasi adalah warna merah lebih terang dari darah terdeoksigenasi, menjelaskan mengapa darah wanita ini berubah menjadi sangat gelap.

Meskipun masih belum jelas mengapa benzocaine memiliki efek ini pada wanita itu, dia melanjutkan untuk membuat pemulihan penuh.

Tags
Loading...
Loading...