Sabtu, 21 September 2019 08:46 WITA

Ribuan Rakyat Mesir Melakukan Demo, Desak Presiden El-Sisi Mundur

Editor: Suriawati
Ribuan Rakyat Mesir Melakukan Demo, Desak Presiden El-Sisi Mundur
Demonstran berkumpul di Kairo (Reuters)

RAKYATKU.COM, MESIR - Ribuan pengunjuk rasa pro-demokrasi di Mesir turun ke jalan pada Jumat malam, untuk menuntut pengunduran diri Presiden Abdel Fattah el-Sisi.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan demonstran meneriakkan "bangkit, jangan takut, Sisi harus pergi" dan "orang-orang menuntut kejatuhan rezim".

Protes dilaporkan terjadi di ibu kota Kairo, kota terbesar kedua Alexandria dan Suez.

Demonstrasi terjadi setelah pengusaha dan aktor Mesir Mohamed Ali menuduh Presiden el-Sisi melakukan korupsi. Jadi dia meminta orang-orang untuk turun ke jalan dan menuntut agar pemimpin itu mundur.

"Jika el-Sisi tidak mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Kamis, maka rakyat Mesir akan keluar ke kotak pada hari Jumat sebagai protes," kata Ali dalam sebuah video yang diposting pada hari Selasa.

Loading...

Ali pertama kali mulai memposting videonya pada 2 September. Video-video terbarunya telah ditonton ratusan ribu kali dan telah mengubahnya menjadi figur publik di tanah kelahirannya.

Dalam video paling baru yang diterbitkan saat protes, Ali mendorong orang untuk berdiri teguh dan terus menuntut hak-hak mereka.

"Tuhan itu hebat ... sudah cukup, aku ingin kembali ke Mesir. Aku merindukan Mesir dan bangsaku. Semoga Tuhan menguatkan tekadmu," katanya. 

Tags
Loading...
Loading...