Jumat, 20 September 2019 22:31 WITA

Pedagang Pisang Keliling Itu Kini Lumpuh dan Sebatangkara, BII Galang Bantuan

Editor: Aswad Syam
Pedagang Pisang Keliling Itu Kini Lumpuh dan Sebatangkara, BII Galang Bantuan
Daeng Semmang dan rumahnya.

RAKYATKU.COM, MAROS - Gubuknya terbuat dari seng. Dindingnya seng, atapnya juga seng. Ukurannya sekitar 2 x 4 meter. Lantainya tanah. Plafonnya dari sarung yang diikat sana-sini.

Pintu depannya dari tikar plastik. Pintu belakangnya tak ada. Hanya ada terpal nilon yang sudah robek. Juga kain bekas spanduk.

Di bagian dalam tampak berantakan. Ada dua kasur dari kapuk yang ditumpuk. Di sisi kiri ada kompor gas. Juga ada peralatan masak yang bertebaran.

Di situlah Daeng Semmang tinggal. Gubuk itu terletak di Dusun Bantimurung, Desa Jennetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros.

Pedagang Pisang Keliling Itu Kini Lumpuh dan Sebatangkara, BII Galang Bantuan

Pria berusia 63 tahun itu, hidup sebatang kara. Dahulu, dia adalah pedagang pisang keliling. Namun karena terjangkit penyakit beberapa tahun lalu, Daeng Semmang lumpuh tak bisa berjalan.

Kemarin, komunitas Berbagi Itu Indah (BII) berkunjung ke gubuk itu. Salah seorang pengurus BII, Widyawati Anwar, mengatakan, mereka melakukan aksi sosial penggalangan dana untuk membantu Daeng Semmang, merenovasi rumahnya.

Berdasarkan survei di lapangan, Daeng Semmang layak dibantu. Adapun bentuk bantuan yang akan disalurkan, pengobatan dan renovasi rumah layak huni.

Loading...

"Daeng Semmang hidup sendiri tanpa anak dan istri. Tinggal di gubuk yang kondisinya sangat memprihatinkan," ungkap Widyawati di Makassar, Kamis (19/9/2019).

"Sudah beberapa tahun Daeng Semmang sakit lumpuh. Tidak bisa beraktivitas dan kondisinya sangat memprihatinkan. Saat ini hidupnya hanya bergantung dari belas kasihan tetangga dan orang lain," beber Widyawati.

Pedagang Pisang Keliling Itu Kini Lumpuh dan Sebatangkara, BII Galang Bantuan

Widyawati mengajak para donatur untuk menyisihkan sebagian kecil hartanya, untuk membantu meringankan beban Daeng Semmang.

"Kami komunitas Berbagi Itu Indah, mengetuk hati para dermawan untuk ikut membantu menyisihkan sebagian rezekinya guna meringankan derita Daeng Semmang," ajak Widyawati.

Widyawati mengatakan, bagi dermawan  yang ingin berpartisipasi meringankan beban Daeng Semmang, BII membuka link rekening bank BERBAGI ITU INDAH, via nomor rekening Bank BNI 0912711113, atas nama Widyawati Anwar dengan line telepon 08114491271.

"Atas segala partisipasi dan keikhlasannya membantu, kami mengucapkan banyak terima kasih," pungkasnya.

Loading...
Loading...