Rabu, 18 September 2019 11:10 WITA

Koin Emas Dari Abad ke-4 Terjual Rp350 Juta di Lelang

Editor: Suriawati
Koin Emas Dari Abad ke-4 Terjual Rp350 Juta di Lelang
Dix Noonan Webb

RAKYATKU.COM - Sebuah koin emas Romawi yang sangat langka terjual di lelang seharga hampir £20.000 (Rp350 juta).

Harta karun abad ke-4 Masehi itu ditemukan oleh seorang pendeteksi logam di pertanian Somerset. Itu terkubur sedalam 12 inci (30cm) di bawah tanah.

Itu ditemukan dekat jalan Romawi kuno yang pernah digunakan untuk mengangkut bijih timah yang ditambang.

Koin Solidus itu menampilkan potret Constantine I, yang juga dikenal sebagai Constantine The Great, penguasa pertama yang merangkul kultus agama Kristen.

Kebalikannya menggambarkan Constantine mengendarai kudanya dalam pertempuran, sambil memegang tombak dan perisai, serta dua tentara musuh tergeletak di bawahnya.

Loading...

Itu memperingati kemenangannya atas Maxentius di jembatan Milvian di luar Roma pada Oktober 312, sebelum dia masuk Kristen.

Koin Emas Dari Abad ke-4 Terjual Rp350 Juta di LelangKoin itu dijual juru lelang London, Dix Noonan Webb dan memicu minat banyak kolektor.

Palu diketuk dengan tawaran £16.000, plus biaya tambahan £3.840. Hasil penjualan akan dibagi secara merata antara detektor dan pemilik tanah.

Constantine (272-337) menjadi penguasa tunggal kekaisaran Romawi pada tahun 324 setelah menggulingkan Licinius, yang telah memerintah kekaisaran timur.

Loading...
Loading...