Selasa, 17 September 2019 23:01 WITA

PDIP Sulsel Pecat Novianus Patanduk Jelang Pelantikan, Ini Alasannya

Penulis: Rizal
Editor: Adil Patawai Anar
PDIP Sulsel Pecat Novianus Patanduk Jelang Pelantikan, Ini Alasannya
Novianus Patanduk.

RAKYATKU.COM,  MAKASSAR - Calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Novianus YL Patanduk bernasib sial.

Jelang pelantikannya sebagai legislator terpilih DPRD Sulsel periode 2019-2024, Novianus justru dipecat sebagai kader dari partai berlambang banteng moncong putih itu. Diketahui, Novianus dijadwalkan akan dilantik sebagai anggota DPRD Sulsel pada Selasa (24/9/2019) mendatang.

Dikonfirmasi, Ketua Bidang Kehormatan DPD PDIP Sulsel, Andi Ansyari Mangkona membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pemecatan Novianus merupakan dampak akumulasi dari beberapa pelanggaran yang dianggap merusak nama baik partai.

Salah satu pelanggaran tersebut, kata Ansyari, adalah yang bersangkutan tidak membayar saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pileg 2019 lalu.

"Tapi bukan cuma itu (tidak bayar saksi). Itu hanya satu dari sekian banyak (pelanggaran) yang dilakukan. Intinya yang bersangkutan sudah dipecat," ungkapnya.

Menurut Ansyari, pemecatan Novianus tersebut telah melalui proses dan tahapan yang panjang sesuai dengan mekanisme yang berlaku di partai besutan Megawati Soekarnoputri itu. Penegasan tersebut sekaligus membantah anggapan bahwa pemecatan Novianus terkesan mendadak atau tiba-tiba.

Loading...

"Prosesnya panjang sesuai mekanisme partai dan telah berproses didewan kehormatan. Surat pemecatannya sudah keluar dari DPP. Saat ini, sudah berproses pergantiannya di KPU Sulsel," pungkasnya.

Sekadar diketahui, di Pileg 2019 lalu, Novianus maju bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) II Sulsel. Dapil ini meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalate, dan Biringkanaya.

Alumni UKI Paulus Makassar itu menjadi satu-satunya caleg PDIP yang lolos dari dapil tersebut. Novianus lolos dengan perolehan 4.305 suara, hanya terpaut 48 suara dari caleg PDIP lainnya, Risfayanti Muin yang meraih 4.257 suara.

Loading...
Loading...