Selasa, 17 September 2019 22:30 WITA

Berhasil Dikendalikan, Kebakaran TPA Gowa Masih Menyisahkan Bara Api

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Adil Patawai Anar
Berhasil Dikendalikan, Kebakaran TPA Gowa Masih Menyisahkan Bara Api

RAKYATKU.COM, GOWA - Tumpukan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Gowa, Kecamatan Bajeng, terbakar, Selasa (17/9/2019).

Dari pantauan Rakyatku.com pukul 21.00, kebakaran  sampah yang meluas sejak tadi sore kini mulai mengecil dan sudah dikendalikan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa. Meski masih terlihat bara api kecil pada beberapa titik.

Angin kencang dan tebalnya asap menghambat kerja petugas Damkar. Belum diketahui penyebab kebakaran di TPA Gowa.

Komandan Regu (Danru) Damkar Gowa, Hendra Wiransyah mengatakan, penyebab kebaran tersebut berasal dari api yang sebelumnya telah dipadamkan. Gas yang berada di bawah tumpukan sampah naik hingga kembali memunculkan api.

Loading...

"Tiga hari yang lalu, TPA ini sempat terbakar. Namun ini yang terparah. Ada sekitar 500 meter jadi kami tadi menerjunkan empat mobil Damkar," kata Hendra saat ditemui di lokasi.

Ia menjelaskan, kendala selama memadamkan api yakni harus dilakukan penggalian tumpukan sampah agar air yang disemburkan dapat masuk ke dalam tanah yang membuat api tidak dapat muncul kembali ke permukaan.

Untungnya, lokasi TPA Gowa jauh dari pemukiman warga. Sehingga api yang membara sangat sulit untuk sampai di rumah warga.

Loading...
Loading...