Selasa, 17 September 2019 10:57 WITA

Ini Video Sky Train yang Ditawarkan China ke Gubernur Jawa Timur

Editor: Abu Asyraf
Ini Video Sky Train yang Ditawarkan China ke Gubernur Jawa Timur
Sky Train

RAKYATKU.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tertarik membangun sky train. Ada tawaran dari perusahaan asal China.

Khofifah mengatakan, banyak keunggulan sky train. Misalnya bisa menjadi layanan kontainer saat tidak lagi mengangkut penumpang. 
Sehingga bisa menghubungkan antara perusahaan dan sentra industri di sepanjang Gerbang Kertasusila.

Selain itu, Khofifah menyebut sky train ini juga murah. Karena lintasannya di atas seperti kereta gantung, sky train tak perlu pembebasan tanah.

"Sky train memiliki beberapa kelebihan karena tidak harus pembebasan lahan. Kemudian ramah lingkungan, selain bisa menjadikan transportasi publik bagi masyarakat juga kontainer, sky train adalah mode transportasi sejenis kereta api sudah paling murah dan paling efisien," ujarnya, Senin (16/9/2019).

Khofifah mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Usulan sky train ini juga telah dibahas dalam rapat Kementerian Koordinator Perekonomian. Khofifah kini tengah menunggu turunnya perpres terkait persetujuan presiden.

Loading...

"Kita tunggu saja. Jadi tak bisa didesak-desak. Ini kan perpres sedang disiapkan detail plannya," pungkas Khofifah.

Khofifah menerima tawaran untuk membangun sky train dari perusahaan kereta api terbesar di China, China Railway Rolling Coorporation (CRRC).

Sky train rencananya akan dibangun di wilayah Gerbang Kertasusila. 

Loading...
Loading...