Selasa, 17 September 2019 10:42 WITA

Jalan Kaki dari Jawa hingga Sulawesi, Pria Lamongan Ini Datangi Polres Gowa

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Aswad Syam
Jalan Kaki dari Jawa hingga Sulawesi, Pria Lamongan Ini Datangi Polres Gowa
Nario Agus Setiawan dan AKP Mangatas Tambunan.

RAKYATKU.COM, GOWA - Hanya bermodalkan niat dan fisik dari kampung halamannya, pria ini nekat berjalan kaki dari Lamongan untuk berkeliling Indonesia. Tujuannya hanya untuk bertemu dengan polisi dan TNI di sejumlah daerah di Indonesia.

Pria tersebut adalah Nario Agus Setiawan. Dia mulai melakukan perjalanannya tersebut dari Lamongan sejak Juli 2018 lalu. Tujuannya hanyalah satu, yakni bertemu dengan seluruh aparat kepolisian dan TNI di seluruh Indonesia, untuk menjalin silaturrahmi.

Atas keberaniannya tersebut, ia telah mengunjungi beberapa kantor polisi dan kantor aparat TNI lainnya. Di antaranya Polres Bima Kabupaten, Kodim 1608 Bima, Polres Bima Kota, Polres Mangarai, Dirlantas Polda NTT, Kodim 1604 Kupang, Polda NTT, Polresta Kupang, Polrestabes Makassar, Polres Pelabuhan Makassar, Kodim 1409 Gowa, dan terakhir di Mapolres Gowa. 

Agus sapaan akrabnya saat tiba di Mapolres Gowa, ia bertemu langsung dengan Kasubbag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan pada Selasa (17/9/2019) pukul 08.03 Wita tadi.

Di awal ia menginjakkan kakinya di Mapolres Gowa dan bertemu dengan Tambunan, Agus langsung memperkenalkan dirinya dan menjelaskan tujuannya datang ke tempat tersebut.

Setelah memperlihatkan beberapa bukti perjalanannya di kantor polisi dan TNI yang telah ia kunjungi, serta dokumentasi dirinya yang tersebar di beberapa televisi nasional, Tambunan pun percaya bahwa Agus betul adalah orang yang telah berkeliling Indonesia dan ingin menjalin silaturrahmi dengan seluruh aparat TNI dan Polri.

Tambunan pun mengarahkan Agus untuk masuk ke ruangan Press Room. Di ruangan tersebut, Agus mendapat sambutan dari beberapa anggota polisi lainnya. Di ruangan tersebut, Agus menceritakan kisahnya di depan Tambunan.

"Saya datang ke sini hanya untuk bertemu dengan semua bapak polisi dan TNI. Saya hanya ingin menyampaikan pesan bahwa aparat kepolisian dan TNI senantiasa menjaga keamanan negeri. Kalau ada polisi yang ingin merusak citra negara kita, itu adalah oknum yang harus ditangkap," kata Agus.

Selama perjalanannya yang telah memasuki setahun lebih dua bulan tersebut, ia mengaku tidak takut atas semua bahaya dan rintangan yang ia hadapi selama di perjalanan.

Loading...

Agus yang hanya mengenakan baju kaus, ransel, celana jeans panjang, dan sandal jepit, mengaku masih kuat untuk melanjutkan perjalannnya yang telah mencapai ratusan kilometer.

Beberapa kota besar yang telah ia lewati. Di antaranya Makassar, Flores, Maros, Pangkep, Barru, Tenggarong, Balikpapan, Samarinda, Bali, dan Lombok.

"Saya juga sudah pernah bertemu dengan Tim Jaguar Polresta Depok dan bertemu langsung dengan Katim Jaguar, Iptu Winam Agus yang sering muncul bersama anggotanya di TV saat melakukan penangkapan," tambah Agus.

Dan selama perjalanannya tersebut, ia mengaku sangat pantang untuk meminta-minta kepada siapapun. Termasuk polisi dan TNI yang ditemuinya. Bagi Agus, selama perjalanannya tersebut, ia tidak ingin menyusahkan orang lain. Dan untuk urusan perutnya, ia hanya membawa satu botol air mineral ukuran besar. Kalau urusan makanan, ia tidak ambil pusing.

"Kalau ada yang kasih saya makanan, ya Alhamdulillah. Kalau tidak ada saya tahan saja. Lagipula juga selama ada air minum, saya masih sanggup untuk berjalan kaki. Intinya saya tidak mau minta," tambah Agus.

Setelah lama berbincang, Tambunan langsung memberikan ucapan terima kasih kepada Agus yang telah berkunjung langsung ke Mapolres Gowa dan mendoakan, semoga Agus bisa sehat selalu dalam melakukan perjalanannya yang telah mencapai ratusan kilometer.

"Kami dari Polres Gowa, mengucapkan terima kasih kepada Nario Agus Setiawan yang telah berkunjung ke sini. Dan kami juga senang bertemu dengan Agus yang telah mendukung aparat kepolisian dan TNI untuk memberantas kejahatan dan melawan berita bohong yang selama ini meresahakan masyarakat. Terima kasih Agus," kata Kasubbag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan.

Loading...
Loading...