Minggu, 15 September 2019 17:55 WITA

Larung Kambing, Itik, dan Ayam Jago, Perahu Warga Purworejo Digulung Ombak 4 Meter

Editor: Abu Asyraf
Larung Kambing, Itik, dan Ayam Jago, Perahu Warga Purworejo Digulung Ombak 4 Meter
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Sedekah laut yang digelar ratusan nelayan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah membawa korban, Minggu (15/9/2019).

Dua dari 27 perahu yang ikut acara digulung ombak setinggi 4-6 meter. Akibatnya, seorang penumpang perahu pingsan setelah terjatuh ke laut.

Ketua panitia, Marsono mengatakan, total ada 27 perahu yang ikut melarungkan sesajian. Dua di antaranya gagal.

Satu perahu mundur karena tidak kuat menghadapi ombak. Satu perahu lainnya terbalik sehingga penumpangnya jatuh ke laut.

Ketika perahu terbalik dan tergulung ombak besar, pengunjung berteriak histeris. Tim penyelamat pun langsung terjun memberikan pertolongan.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Seorang nelayan bernama Tazam (18) sempat tak sadarkan diri sehingga langsung dievakuasi petugas. 

"Itu perahu kan isinya satu keluarga, ada bapak saya, adik, kakak, keponakan sama paman. Jadi ya takut mas, khawatir. Tadi Tazam juga pingsan," kata Karti, keluarga korban sambil menangis.

Loading...

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap menyebutkan ombak setinggi 4-6 meter terjadi di perairan pesisir selatan Jawa sejak 14 hingga 17 September 2019. 

Kambing dan Ayam Jago

Dalam sedekah laut itu, warga Purworejo melarungkan ancak sesaji. Isinya antara lain satu ekor kambing kendit, ingkung bebek, dan ayam jago.

Tidak hanya itu, mereka juga melarungkan aneka hasil bumi serta bunga tujuh rupa ke tengah lautan. 

Sedekah laut yang digelar setiap bulan Sura itu dipusatkan di area tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag.

Sesaji dibawa ke tengah laut oleh 27 perahu. Namun, dua perahu gagal ke tengah karena terhalang ombak.
 

Loading...
Loading...