Minggu, 15 September 2019 14:06 WITA

Hadiri Mappadendang di Watang Sidenreng, Dollah Mando: Ini Mesti Dilestarikan

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Nur Hidayat Said
Hadiri Mappadendang di Watang Sidenreng, Dollah Mando: Ini Mesti Dilestarikan
Bupati Sidrap, Dollah Mando, menghadiri acara Mappadendang di Desa Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Minggu (15/9/2019).

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Bupati Sidrap, Dollah Mando, menghadiri acara Mappadendang di Desa Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Minggu (15/9/2019).

Turut hadir Camat Watang Sidenreng Hidyatullah, Danramil Watang Sidenreng Sahabuddin, Kapolsek Maritengngae Ipda Abdul Samad, Ketua kerukunan Keluarga Watang Sidenreng Palu Hamsa, Ketua Kerukunan Keluarga Watang Sidenreng Parepare Muhammad Husni Syam, tokoh masyarakat Landadi, Kabid PSDI A Surya Praja Hadiningrat dan para tamu undangan lainnya.

Mappadendang atau pesta panen raya ini degelar oleh Kerukunan Keluarga Watang Sidenreng bersama Kerukunan Keluarga Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Mengawali acara, Dollah Mando bersama undangan lainnya menyaksikan warga menumbuk pada lesung dengan tongkat besar sebagai penumbuknya.

Mappadendang atau yang lebih dikenal dengan sebutan pesta tani pada suku Bugis merupakan suatu pesta yang diadakan oleh masyarakat sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah swt atas keberhasilannya menanam padi.

Loading...

Dollah Mando dalam sambutannya menyampaikan, Mappadendang patut dilestarikan karena sudah menjadi tradisi turun temurun yang ada sejak dahulu dan merupakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah swt.

Dia juga berharap kegiatan seperti ini dijadikan wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan semangat gotong royong antar sesama masyarakat dan dapat terlaksana tiap tahunnya.

"Insyaallah ke depan kita akan bangun baruga di sini, melihat antusiasnya masyarakat Watang Sidenreng yang datang, terkhusus warga Sidrap dari Palu dan Parepare yang sudah jauh datang menghadiri acara ini," tuturnya.

Pada Mappadendang kali ini, beragam acara juga disajikan seperti mattojang dan tari-tarian.

Loading...
Loading...