Minggu, 15 September 2019 07:30 WITA

Bos Eksekutor Jamal Khashoggi Belum Ditemukan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bos Eksekutor Jamal Khashoggi Belum Ditemukan

RAKYATKU.COM - Orang yang diduga sebagai pemimpin pasukan pembunuh Jamal Khashoggi secara misterius menghilang dari pandangan publik sejak beberapa bulan lalu. Hingga saat ini, Saud al-Qahtani tidak terlihat ketika 11 orang diadili di Arab Saudi atas pembunuhan Khashoggi.

Sampai sekarang diperkirakan dia telah diberi perlindungan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS), yang menurut CIA kemungkinan besar memerintahkan pembunuhan jurnalis Washington Post di konsulat negara itu di Istanbul, Turki.

Spekulasi kini menyelimuti nasib mantan penegak raja dengan seorang pembangkang Saudi membuat klaim yang tidak terverifikasi bahwa al-Qahtani telah dikemukakan, dikutip dari Mirror Online, Minggu (15/9/2019).

Kritikus yang berbasis di Oslo, Iyad al-Baghdadi, tweeted bahwa ia "menerima berita bahwa Saud Al Qahtani telah diracuni hingga mati oleh Mohammed bin Salman."

"Sumbernya ditempatkan dengan baik dan secara konsisten dapat diandalkan selama hampir satu tahun. Saya tidak dapat secara terbuka mengungkapkan hal lain tentang sumber ini".

Namun, Bloomberg News melaporkan bahwa pandangan ini tidak dibagikan secara luas oleh orang lain yang akrab dengan situasi tersebut.

Itu terjadi dua bulan setelah dinas intelijen Norwegia menempatkan Baghdadi di bawah perlindungan ketat setelah peringatan CIA bahwa ia berisiko dari agen-agen Saudi.

Para ahli percaya al-Qahtani, 41, mungkin telah dibunuh karena penasihat dekat Mohammed bin Salman tahu terlalu banyak tentang siapa yang berada di balik pembunuhan Khashoggi.

loading...

Madawi al-Rasheed, profesor tamu di Institut Timur Tengah London School of Economics, mengatakan: "Sementara diktator terkenal karena membunuh para kritikus dan pembangkang mereka, mereka sama-sama suka membunuh orang-orang terdekat mereka, terutama ketika mereka mungkin telah membantu singkirkan seorang kritikus yang gigih.

"Wajar bagi rezim yang tidak bertanggung jawab untuk membunuh pembantu mereka, yang mungkin mengungkapkan intrik dan premanisme mereka, Mereka menjadi kambing hitam untuk menyelamatkan kepala yang lebih besar dari pengawasan dan tanggung jawab yang lebih besar '.

Al-Qahtani, salah satu penasihat terdekat Mohammed bin Salman, telah secara resmi disetujui oleh AS karena perannya yang diduga dalam pembunuhan Khashoggi.

Pada 2017 dia bertugas mengawasi media sosial dan menciptakan daftar hitam yang mendesak warga untuk menyebut dan mempermalukan 'tentara bayaran' yang telah memihak Qatar menyusul blokade Doha yang dipimpin Saudi.

Tahun lalu ia dituduh bertanggung jawab atas kekerasan seksual dan fisik yang ditimbulkan pada aktivis hak-hak perempuan yang dipenjara, Loujain al-Hathloul, yang telah ditahan sejak Mei 2018.

Awal minggu ini muncul bahwa kata-kata terakhir Khashoggi adalah dia memohon pembunuhnya untuk tidak menutup mulut jika dia mati lemas.

Loading...
Loading...