Sabtu, 14 September 2019 13:57 WITA

Kopi untuk Pilot Tumpah, Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat

Editor: Nur Hidayat Said
Kopi untuk Pilot Tumpah, Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat
FOTO: DW.

RAKYATKU.COM - Pesawat tipe Airbus A330-243 yang mengangkut 326 orang sedang berada dalam perjalanan ke Cancun, Meksiko dari bandara Frankfurt, Jerman. Namun, pesawat itu terpaksa melakukan pendaratan darurat di Shannon Irlandia.

Badan investigasi kecelakaan penerbangan Air Accidents Investigation Branch (AAIB) melaporkan, Kamis (12/9/2019), pesawat penumpang itu sedang berada di atas Lautan Atlantik, tidak lama setelah lepas landas dari bandara Frankfurt di Jerman saat insiden terjadi.

Kopi panas untuk pilot yang berada dalam cangkir tidak tertutup dilaporkan tumpah ke sistem elektronik dan menyebabkan kepulan asap dan bau terbakar. 

Pilot akhirnya memutuskan melakukan pendaratan darurat di Irlandia. Insiden itu terjadi pada Februari lalu.

Loading...

Hal itu terjadi karena cangkir kopi tidak ditempatkan di tempat penahan cangkir, melainkan hanya di atas baki biasa. Tidak ada yang cedera dalam insiden itu. Demikian pernyataan AAIB. 

Lembaga itu tidak menyebutkan identitas maskapai penerbangan yang terlibat. AAIB mengingatkan, sejak itu sudah ada prosedur tetap untuk memastikan tutup cangkir selalu tersedia bagi pilot untuk semua rute penerbangan. Kru pesawat juga diingatkan untuk selalu menggunakan penutup cangkir.

Sumber: DW

Loading...
Loading...