Kamis, 12 September 2019 13:37 WITA

Festival Pinisi, Pusat Kota Bulukumba Dikerubuti 'Manusia Hitam'

Penulis: Rahmatullah
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Festival Pinisi, Pusat Kota Bulukumba Dikerubuti 'Manusia Hitam'

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Pemandangan berbeda terjadi di Kabupaten Bulukumba hari ini, Kamis (12/9/2019). Serentak masyarakat Bulukumba mengenakan pakaian hitam lalu berjalan menuju pusaran kota di Lapangan Pemuda dan Bundaran Pinisi.

Ruas jalan mulai dilalui, baik berjalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan. Mereka serentak mengenakan hitam-hitam dengan ikat di kepala. Sedangkan wanitanya tetap mengenakan jilbab.

Pantauan Rakyatku.com, itu terjadi di sejumlah ruas jalan, seperti di Jalan Andi Mappijalang, Jalan Sulthan Dg Radja, Jalan Jendral Sudirman, Jalan RA. Kartini, dan sejumlah jalan lainnya.

Bak semut hitam yang mengerubuti, banyak yang diantara mereka yang datang dari kecamatan dan desa menuju satu lokasi yaitu di pusaran Kota Bulukumba.

Loading...

Penggunaan pakaian hitam ini ialah dalam rangkaian event festival Pinisi 2019. Masyarakat Bulukumba mengenakan pakaian hitam yang menjadi penanda pakaian suku kajang 'Baju Le'leng'.

Mereka akan mengikuti karnaval pakaian hitam dan mengitari Lapangan Pemuda dan Bundaran Pinisi. Rencananya berlangsung hingga sore nanti pukul 17.00 Wita.

Loading...
Loading...