Kamis, 12 September 2019 09:38 WITA

Gadis 14 Tahun Tewas Usai Buat Popcorn dari Kaleng

Editor: Andi Chaerul Fadli
Gadis 14 Tahun Tewas Usai Buat Popcorn dari Kaleng

RAKYATKU.COM - Seorang gadis di Cina meninggal akibat luka bakar parah pada 5 September setelah berusaha meniru trik membuat popcorn yang keliru.

Perempuan berusia 14 tahun bernama Zhou itu dan temannya yang berusia 12 tahun, Peng telah melihat klip video membuat popcorn menggunakan kaleng minuman, dikutip dari Asia One, Kamis (12/9/2019).

Keduanya kemudian melakukan hal yang sama dengan menempatkan biji jagung di kaleng aluminium kosong dan menyalakan alkohol di kaleng aluminium lain yang ditempatkan di bawahnya.

Karena kandungan alkoholnya yang tinggi, alkohol tersebut meledak ketika Zhou berusaha menyalakannya. Kedua gadis itu menderita luka bakar parah di tempat.

Keduanya langsung dibawa ke rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zhou menderita luka bakar pada 96 persen tubuhnya dan harus diawasi di unit perawatan intensif. Sementara Peng tidak dalam kondisi kritis.

Insiden itu terjadi pada 22 Agustus, tetapi upaya dokter untuk mengobati cedera Zhou terbukti sia-sia dan dia meninggal dua minggu kemudian.

Banyak netizen percaya kedua gadis itu meniru video oleh influencer populer yang dikenal sebagai Office Chef Ms Yeah.

Dalam salah satu video awal Yeah, terlihat memotong kaleng aluminium dengan cara yang sama dan membuat popcorn di alat buatan tangannya.

Setelah kecelakaan remaja itu, netizen China yang marah mengambil untuk mengirim ancaman kematian untuk Yeah dan memanggilnya sebagai seorang pembunuh di bagian komentar dari videonya.

Loading...

Yeah memecah kesunyian dalam sebuah surat panjang yang diposting di Weibo pada 10 September.

Beberapa hari terakhir adalah hari-hari tergelap dalam hidupnya, tulisnya. Menanggapi situasi saat ini, dia berjanji untuk bertanggung jawab atas perawatan Peng dan akan melakukan segala yang dia bisa untuk memastikan bahwa keluarga Peng menerima bantuan yang mereka butuhkan.

Dia juga mengklarifikasi bahwa kedua gadis itu tidak meniru apa yang telah dia lakukan dalam videonya. Dalam videonya, Ms Yeah menggunakan penghangat teh untuk perlahan-lahan memanaskan kaleng biji jagung, yang telah dengan hati-hati diletakkan di atas tripod penghangat teh.

Padahal, bukti dari tempat kejadian menunjukkan bahwa kedua gadis itu menggunakan dua kaleng, yang salah satunya dipotong dengan cara yang aneh.

Pemain berusia 25 tahun itu menyarankan gadis-gadis itu bisa merujuk video yang berbeda, karena dia sendiri telah melihat video dengan instruksi serupa yang diposting kembali pada tahun 2016, setahun sebelum dia membagikan videonya.

Video aslinya melibatkan pemotongan aluminium dengan cara yang sama seperti yang dilakukan gadis-gadis itu, sebelum sulitnya menyeimbangkan kaleng lain di atasnya. 

Yeah menjelaskan bahwa dia menganggap metode asli terlalu berbahaya, karena itu dia memilih menggunakan penghangat teh. 

Dia mengakhiri suratnya yang meminta netizen untuk tidak menyebut orang lain sebagai pembunuh.

Tags
Loading...
Loading...