Selasa, 10 September 2019 16:13 WITA

Wagub Sulsel Minta Rektor Unhas Buka Jalur Pendaftaran Mahasiswa Bagi Hafiz Al-Qur'an

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Nur Hidayat Said
Wagub Sulsel Minta Rektor Unhas Buka Jalur Pendaftaran Mahasiswa Bagi Hafiz Al-Qur'an
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pada momentum dies natalis ke 63 Universitas Hasanuddin (Unhas), Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan harapannya.

Andi Sudirman berharap, Unhas bisa bersinergi dengan Pemprov Sulsel. Dia meminta Unhas bisa membuka jalur khusus pendaftaran mahasiswa baru bagi penghafal Al-Qur'an.

Sekadar diketahui, Pemprov Sulawesi Selatan membuka pendaftaran peserta didik baru tahun 2019 melalui jalur prestasi kepada penghafal Al-Qur'an (hafiz). 

Minimal menghafal 10 juz Al-Qur'an, pelajar bisa melanjutkan sekolah di SMA atau SMK negeri pilihan peserta sendiri. 
Sebelumnya, pada Ramadan lalu Pemprov mencanangkan program "Satu Desa Satu Hafiz", yang diikuti oleh pulahan orang hafiz Al-Qur'an dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel.

loading...

Dia pun berharap, Unhas bisa mengikuti langkah nyata dalam pengembangan Tahfiz Al-Quran di Sulsel.

"Pemprov Sulsel telah memberi bebas tes dan bebas zonasi untuk pelajar SMP/MTs yang hafiz 10 juz memilih SMA (pilihan sendiri). Olehnya itu, kami meminta kepada Rektor Unhas bisa memberi bebas tes 15 juz bagi hafiz Al-Qur'an," kata Sudirman dalam rilis yang diterima Rakyatku.com, Selasa (10/9/2019).

"Hal ini karena mereka fokus menghafal, bukan pada tes-tes PTN penjaringan. Menghafal 15 juz bagi alumni pesantren (MA) atau SMA itu sebuah prestasi dan bukan hal mudah," ucapnya.

Loading...
Loading...