Senin, 09 September 2019 05:00 WITA

Makna Mimpi Gigi Copot Menurut Ulama

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Makna Mimpi Gigi Copot Menurut Ulama
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Setiap orang mengalami mimpi yang berbeda-beda, mulai dari mimpi bercinta hingga mimpi gigi copot.

Khusus mimpi copot, ada beragam penafsiran yang turun-temurun dipahami oleh masyarakat kita. Yang paling populer adalah bahwa gigi yang copot di dalam mimpi adalah simbol bahwa akan ada salah satu dari keluarga kita meninggal dunia? 

Dari sini muncul banyak pertanyaan terkait benarkah penafsiran yang seperti itu? Lantas dari mana sebenarnya penafsiran tersebut berasal?

Jika kita membuka-buka turats Islam, di sana ada satu dari sekian banyak kitab yang memuat arti-arti mimpi dalam tidur manusia. 

Bahkan untuk persoalan gigi copot juga disebutkan dalam kitab tersebut. Mengutip pendapat ‘Abdul Ghani al-Nabulsi, bahwa gigi dalam mimpi adalah sebagaimana berikut.

“Gigi di dalam mimpi menunjukkan 'ujung atau batas ajal' dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan.”

Keterangan ini dapat dirujuk di dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam. Selain kitab ini, banyak juga kitab-kitab lain yang telah membahas persoalan yang sama, seperti Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, Tafsir al-Ahlam, dan lain sebagainya.

Gigi di samping sebagai simbol keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan, kadangkala ia juga berarti harta, binatang ternak, raja, harta simpanan, kehidupan, kematian, perpisahan dan pertemuan.

Menurut al-Nabulsi, gigi manusia juga merupakan simbol keluarga. Gigi bagian atas adalah anggota keluarga laki-laki dari pihak ayah. Sedangkan gigi bagian bawah adalah anggota keluarga perempuan dari pihak ibu. Gigi bawah bagian depan menunjukkan keluarga yang paling dekat dari sang pemilik mimpi. 

Adapun dua gigi seri bagian atas adalah simbol dari ayah dan paman dari pihak ayah. Sebelah kanan adalah ayah dan sebelah kiri adalah paman. Jika sang pemilik mimpi tidak memiliki ayah dan paman, maka keduanya adalah simbol untuk saudara perempuan, anak ataupun sahabat karib.

Selanjutnya gigi geraham manusia adalah simbol kakek dalam mimpi manusia, atau bisa jadi merupakan anak cucu yang mengalami mimpi. Gigi seri sebelah kanan adalah simbol dari ibu dan gigi seri bagian kiri adalah simbol dari bibi.

Loading...

Jika dalam mimpinya seseorang merasakan atau melihat bahwa giginya goyah atau bergerak, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu keluarganya akan mengalami sakit, tergantung di bagian mana gigi tersebut goyah. Sedangkan bila mana seseorang bermimpi bahwa salah satu dari giginya copot, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu dari orang terdekatnya akan meninggal atau ia akan menghilang dan tidak akan kembali lagi.

Adapun jika seseorang melihat dalam mimpinya gigi yang copot namun ia masih mengenggamnya, maka ia akan menemukan ganti keluarga baru sebagaimana keluarga lama yang telah pergi. Sebaliknya jika ia menguburnya, maka keluarga yang pergi tidak akan kembali, juga tidak akan menemukan ganti keluarga yang baru.

Jika seseorang melihat giginya di dalam mimpi penuh dengan karang gigi yang hitam, menurut al-Nabulsi keluarganya akan mendapatkan ujian berupa aib atau cacat yang ditimbulkan oleh perbuatan mereka sendiri.

Demikianlah secuil dari arti mimpi melihat gigi copot di dalam mimpi manusia. Pada dasarnya penjelasan terkait mimpi cukup panjang untuk dijelaskan dalam sebuah artikel. Namun setidaknya penjelasan di atas cukup mewakili bagi semua orang yang pernah mengalami mimpi melihat gigi yang copot.

Sebagaimana orang pada umumnya, adakalanya al-Nabulsi salah dalam memberikan penafsiran terhadap sebuah mimpi, bisa jadi penafsiran al-Nabulsi berbeda dengan penafsiran ulama lain. 

Atau bisa pula gigi yang sama di dalam mimpi orang yang berbeda memiliki makna yang berbeda, dan tidak bisa digeneralisir sedemikian rupa. Oleh sebab itu tidak tepat dikatakan bahwa seluruh prediksi al-Nabulsi pasti akan terjadi. Karena yang menentukan segalanya adalah Allah SWT.

Dan pada akhirnya, mari merenungkan firman Allah dalam surah Al-Ra’d ayat 9, yang artinya: 

“Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi.” (QS. Al-Ra’d).

Sumber: Bincangsyariah

Loading...
Loading...