Sabtu, 07 September 2019 12:21 WITA

Sebut Mobil Esemka Mirip Produk China, Politikus Gerindra: Mohon Pencerahan Pak Jokowi 

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sebut Mobil Esemka Mirip Produk China, Politikus Gerindra: Mohon Pencerahan Pak Jokowi 
Foto/Ist.

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), pabrikan mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Mobil yang diproduksi dua jenis pikap. Namun di balik itu, mobil Esemka disebut netizen mirip dengan mobil pabrikan asal China, Changan Star Truck. 

Sekilas mobil ini mirip dengan pikap Star Truck yang diproduksi oleh Changan Automobile, sebuah perusahaan otomotif yang berpusat di Chongging, China. Mulai dari tampak depan, samping hingga bagian belakang mobil.

Sontak, netizen ramai-ramai mempertanyakan keaslian produksi mobil Esemka. Tidak terkecuali Politikus Gerindra, Andre Rosiade. Menurutnya, mobil tersebut mirip dengan mobil produk asal China.

"Mohon maaf, Pak Jokowi. Saya mau tanya, kok mobil Esemka yang pabriknya diresmikan kemarin mirip dengan mobil produk China alias Tiongkok?," kata Andre.

Andre pun ragu mobil tersebut asli produksi dalam negeri. Dia kemudian mempertanyakan apakah mobil-mobil Esemka tersebut buatan anak bangsa. 

Loading...

Sebab, menurut Andre, mobil tersebut tak sama seperti yang digunakan Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo.

"Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tapi dikasih merek Esemka? Mohon pencerahannya, Pak Jokowi," ujarnya.

"Kok beda ya antara yang diuji dan dipakai Pak Jokowi waktu jadi Wali Kota dengan yang diproduksi," sambung Andre, dilansir Detikcom, Sabtu (7/9/2019).

Andre berharap peluncuran mobil Esemka bukan hanya untuk menjawab kritik publik. Dia juga berharap mobil tersebut memang benar-benar buatan dalam negeri.

"Tentu kita berharap produk Esemka ini bukan hanya sekadar menjawab kritik publik, tapi benar-benar buatan dalam negeri. Bukan mobil rakitan dari Tiongkok lalu dikasih merek Esemka," pungkasnya.
 

Loading...
Loading...