Kamis, 05 September 2019 11:44 WITA

Pedang Berusia 3200 Tahun Ditemukan Secara Tidak Sengaja

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pedang Berusia 3200 Tahun Ditemukan Secara Tidak Sengaja

RAKYATKU.COM - Tim arkeologi di Spanyol secara tidak sengaja menemukan sebuah pedang perunggu yang dibuat sekitar tahun 1200 sebelum masehi di pulau Majorca.

Senjata Zaman Perunggu Akhir itu ditemukan di kota Puigpunyent di Kepulauan Balearic Spanyol, dikutip dari Daily Star, Kamis (5/9/2019).

Kepala arkeolog Jaume Deya dan Pablo Galera mengatakan mereka menemukan pedang berusia 3.200 tahun secara tidak sengaja saat bersiap untuk membuka situs arkeologi Talaiot del Serral de ses Abelles sebagai museum.

Pasangan itu menyebut penemuan itu "kejutan besar" dan menambahkan bahwa itu adalah pedang sejarah pertama yang ditemukan di situs tersebut.

Sebuah video sejak itu dirilis mengungkapkan saat pisau pertama kali ditemukan setelah gagang pedang terlihat mencuat dari tanah.

Klip itu menunjukkan dua arkeolog mengambil dan memindahkan batu besar.

Loading...

Setelah mereka mulai menyapu lumpur yang kendur, pedang mulai terlihat.

Meskipun berasal dari abad ke-12, senjata itu tampak terpelihara terlepas dari ujung bilahnya yang tampaknya telah patah di tanah.

Diperkirakan bahwa pedang itu milik keluarga aristokrat dari Budaya Talaiotik tetapi Jaume mengatakan mereka masih mempelajari artefak tersebut.

Para ahli percaya pisau itu ditempa sekitar 1200 SM dan kemudian dimakamkan sebagai persembahan ketika monumen berhenti digunakan selama pembusukan peradaban Talaiotik setelah 600 SM.

Loading...
Loading...