Selasa, 03 September 2019 13:45 WITA

Rapat Komite III DPD RI Heboh, Senator Asal Sulsel Desak Pemerintah Kembalikan Dana Haji

Editor: Abu Asyraf
Rapat Komite III DPD RI Heboh, Senator Asal Sulsel Desak Pemerintah Kembalikan Dana Haji
Suasana rapat Komite III DPD RI, Selasa (3/9/2019). (FOTO: DOK IQBAL PAREWANGI)

RAKYATKU.COM - Senator asal Sulawesi Selatan, AM Iqbal Parewangi membuat suasana rapat Komite III DPD RI, jadi hangat, Selasa (3/9/2019).

Rapat itu membahas finalisasi laporan hasil pengawasan Komite III DPD RI atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 terkait penyelenggaraan ibadah haji dan umrah 1440 H.

Ada 10 temuan Komite III DPD RI dari hasil pengawasan yang dilakukan, baik sebelum pelaksanaan haji hingga penyelenggaraannya.

Dalam rapat itu, Iqbal mengkritik draf yang disodorkan kepada para senator. Dari 10 temuan, hanya sembilan yang diberi rekomendasi.

"Saya pengen fokus bahwa yang tidak diberi rekomendasi itu justru yang sangat penting untuk diberi rekomendasi," tegas Iqbal.

Rekomendasi ini dibahas Iqbal usai memberi komentar terkait pengembangan embarkasi haji di Indonesia.

"Untuk bagian ini, saya harus mulai dengan 'bismillah'," kata pendiri ICMI Muda ini.

Iqbal lalu menguraikan kasus penambahan kuota haji 10 ribu pada musim haji baru-baru ini. Efeknya positif. Bisa sedikit mengurangi daftar tunggu haji.

Di balik itu, pemerintah sempat mengalami kesulitan memenuhi kuota itu. Pemerintah bahkan sempat terdesak untuk menyiapkan anggarannya.
 
Sebelum pelaksanaan ibadah haji, Iqbal dan Komite III sempat meninjau kesiapan penyelenggara di Tanah Suci. 

loading...

"Pada pra haji yang sebelum musim haji kita ke sana, Pak Ketua, muncul kalimat di Tanah Suci dari pihak penyelenggara di sana bahwa kalau sampai akhir Ramadan tidak direalisasikan anggaran, maka kami tidak bisa melaksanakan itu secara operasional di lapangan," urai Iqbal.

Padahal, lanjut dia, penambahan kuota haji itu seharusnya tidak menjadi masalah. Sebab, dana jemaah haji yang terkumpul sangat besar, mencapai triliunan rupiah. Sementara yang dibutuhkan hanya sekitar Rp400 miliar. 

Makanya, Iqbal mengusulkan agar Komite III dan DPD RI merekomendasikan kepada pemerintah agar mengembalikan dana haji yang selama ini digunakan untuk kepentingan lain.

Menurut Iqbal, pemanfaatan dana haji di luar peruntukan telah membuat keriuhan nasional, bahkan keributan nasional.

"Pemerintah menyebut menunggu APBN dan seterusnya dan seterusnya. Cari talangan di sana sini. Nyari talangan, dananya jemaah itu triliunan loh," lanjut senator yang juga kader Muhammadiyah itu.

Iqbal beberapa kali mengulangi poin usul rekomendasinya. 

"Meminta pemerintah segera mengembalikan dana haji yang dipakai di luar kepentingan haji. Selanjutnya tidak menggunakan dana haji itu selain untuk dan hanya untuk pelaksanaan haji," tegas Iqbal.

Loading...
Loading...