Sabtu, 31 Agustus 2019 08:56 WITA

Trump Diduga Telah Mengungkapkan Rahasia Militer AS di Twitter

Editor: Suriawati
Trump Diduga Telah Mengungkapkan Rahasia Militer AS di Twitter
Twitter

RAKYATKU.COM - Presiden AS tampaknya telah mengungkap rahasia militer AS kepada dunia, saat mengejek Iran melalui Twitter.

Pada hari Kamis, Iran mengalami kegagalan saat hendak melakukan peluncuran roket satelit, dan itu meledak di tanah.

Segera setelah pengujian tersebut, satelit komersial memotret puing-puing itu dan menjual gambar-gambarnya kepada analis sipil.

Tetapi pada hari Jumat, Trump membagikan gambar yang sangat detail. Diduga bahwa itu kemungkinan berasal dari badan intelijen AS, dan diambil dengan menggunakan satelit atau drone rahasia.

Bersama dengan gambar itu, Trump mencela Iran bahwa negara itu mengalami "kecelakaan bencana."

Trump Diduga Telah Mengungkapkan Rahasia Militer AS di TwitterCitra satelit komersial dari perusahaan Maxar (bawah); gambar yang di-tweet oleh Presiden Trump (atas).

Analis berpendapat bahwa foto Trump mengungkapkan bahwa AS memiliki kemampuan fotografi satelit yang fantastis, atau mungkin AS memiliki pesawat tak berawak yang cukup dekat untuk mengambil gambar.

Loading...

Namun sudut gambar membuat analis berpendapat bahwa itu lebih mungkin diambil dengan pesawat.

Peluncuran Iran berlangsung di Pusat Antariksa Imam Khomeini Barat Laut Teheran. Lokasi ini berjarak lebih dari 120 mil dari perbatasan terdekat Iran.

Jika sebuah drone mengambil foto, itu mungkin terbang di atas wilayah udara Iran tanpa terdeteksi atau entah bagaimana dapat mengambil gambar yang bagus dari jarak 120 mil.

Kedua situasi yang melibatkan fotografi drone akan menjadi berita besar.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," kata David Schmerler, seorang ahli terkemuka dalam analisis gambar sumber terbuka.

"Saya tahu bahwa [militer AS] memiliki kemampuan luar biasa, tetapi saya tidak tahu apa ini."

Loading...
Loading...