Rabu, 28 Agustus 2019 03:00 WITA

Jangan Langsung Tidur Usai Seks, Berikut Dampak Bahayanya

Editor: Adil Patawai Anar
Jangan Langsung Tidur Usai Seks, Berikut Dampak Bahayanya

RAKYATKU.COM - Pasca aktivitas penuh gairah dan intens dengan pasangan, Anda akan sering kelelahan dan merasa mengantuk. Akhirnya, Anda dan pasangan langsung terlelap begitu saja alih-alih pergi kamar mandi untuk bersih-bersih. Anda lebih memilih tidur meski tidak dianjurkan, bahkan sangat berbahaya.

Mengapa setelah bercinta dilarang tidur?
Sebenarnya Anda tidak masalah kalau mau tidur usai melakukan seks yang intens. Namun, lakukan setelah membersihkan diri ke kamar mandi. Mandilah hingga bersih dan juga lupa untuk memperhatikan area kemaluan. Ini beberapa alasan mengapa Anda harus bersih-bersih setelah seks.

Saluran kemih masih kotor
Setelah berhubungan badan, saluran kemih pada wanita menjadi kotor. Ketika terjadi penetrasi, penis masih berkemungkinan membawa bakteri yang menempel dari tangan atau celana dalam. Kalau wanita tidak membersihkan saluran kemihnya, kuman bisa saja menyebabkan gatal dan infeksi.

Setelah berhubungan badan, wanita diwajibkan membersihkan saluran kemihnya dengan air bersih. Setelah itu, mereka baru diperbolehkan tidur. Jangan langsung tidur kalau masih ada bekas sperma dan kotoran lainnya karena bisa memicu masalah lain di kemaluan.

Organ intim perlu dibilas
Organ intim milik pria juga harus dibilas hingga bersih. Saat bercinta, cairan pelumas dari vagina akan menempel dan bercampur dengan kuman saat penetrasi. Selain itu, saat orgasme di dalam vagina, penis akan menjadi lengket dan gatal kalau tidak segera dibilas.

Penis bisa dibasuh hingga bersih menggunakan sabun sampai kesat. Untuk pria yang tidak sunat, bagian bawah kulit kelamin yang menutup glans atau ujung penis juga harus dibersihkan agar tidak ada kotoran yang tersisa.

Tidur harus berpakaian bersih
Saat berhubungan badan, pria dan wanita kerap masih menggunakan pakaian saat pemanasan. Akibatnya celana dalam kerap terkena cairan lubrikasi yang keluar dari alat kelamin. Cairan ini akan membuat celana dalam jadi kotor dan berkuman sehingga tidak bisa dipakai lagi saat tidur.

Setelah bercinta dan mandi, gunakan pakaian dalam bersih saat tidur. Jangan langsung tidur menggunakan pakaian kotor atau dalam keadaan telanjang karena kelelahan karena esok hari area organ intim akan kotor dan akhirnya menimbulkan bau tidak sedap.

Tips membersihkan diri setelah bercinta
Dengan bertumpu pada beberapa alasan di atas, kita disarankan untuk bisa membersihkan diri dengan baik. Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan diri bisa Anda simak di bawah ini.

Selalu gunakan pakaian yang bersih
Sebisa mungkin untuk melepas semua pakaian yang digunakan selama melakukan seks. Kadang saat melakukan penasaran seks, ada cairan yang menempel di sana. Kecuali pakaian sudah dilepas dari awal pemanasan, Anda mungkin masih bisa menggunakannya. Namun, kalau sudah kotor lebih baik segera diganti.

Pakaian yang wajib diganti adalah pakaian dalam yang rawan sekali mengalami kotor. Selanjutnya pakaian lain yang memiliki bau tidak sedap segera dimasukkan ke bak baju kotor. Siapkan baju bersih setelah mandi dan membersihkan diri. Dengan melakukan ini tidur Anda juga tidak akan mengalami gangguan.

Loading...

Kasur harus bersih dari noda dan kotoran
Usahakan untuk mengganti seprai atau bagian dari kasur kalau saat melakukan seks terkena kotoran. Cara ini wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya pertumbuhan bakteri dari sisa kotoran yang menempel. Misal saat melakukan ejakulasi ada air mani yang tumpah ke kasur, lebih baik segera diganti seprainya.

Kalau Anda memang sedari awal malas mengganti seprai dan sejenisnya. Lebih baik melakukan seks di kamar mandi atau di mana saja asal tidak membuat kotoran dari cairan kemaluan menempel dimanapun. Kalau seprai yang kotor tetap digunakan bisa saja Anda tidak nyaman saat kasur dan mengalami gatal-gatal.

Membersihkan kemaluan dengan benar
Saat mandi, bagian yang harus dibersihkan adalah kemaluan. Anda bisa membersihkan kemaluan dengan cara dibasuh dengan air. Namun, jangan asal membasuh kemaluan karena bisa menyebabkan masalah. Pada pria mungkin pembasuhan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Namun, pada wanita tidak bisa.

Kemaluan pria lebih banyak organ eksternalnya sementara wanita lebih banyak internalnya. Membersihkan vagina tidak bisa menggunakan sabun apalagi sampai dimasukkan ke dalam agar kesat. Cara itu justru membuat vagina jadi tidak sehat karena bisa mengganggu flora normal yang ada di dalamnya.

Cukup basuh dengan air saja dari luar. Untuk bagian dalam tidak perlu dibersihkan karena saat berkemih akan ikut terbuang kotorannya. Hindari penggunaan sabun jenis apa pun agar keseimbangan pH terjaga.

Berkemihlah terlebih dahulu
Salah satu kesulitan terbesar dalam membersihkan kemaluan adalah lokasinya kadang berada di dalam. Pada wanita tentu tidak mungkin memasukkan air ke dalam vagina. Yang bisa dilakukan adalah menunggu berkemih. Dengan berkemih, cairan atau kotoran yang tersisa di dalam tubuh akan keluar dengan mudah.

Setelah bercinta beberapa pasangan khususnya wanita akan mudah berkemih dengan sendirinya. Namun, ada juga yang susah untuk melakukannya. Kalau Anda termasuk yang susah melakukannya, lebih baik minum air sekitar segelas lalu tunggu beberapa saat agar mudah berkemih.

Usahakan untuk tidak tidur terlebih dahulu kalau Anda belum berkemih. Umumnya setelah minum air 1-2 gelas, kurang dari sejam Anda akan buang air kecil. Tunggulah sambil mandi dan membersihkan bagian tubuh yang lain.

Inilah beberapa ulasan tentang larangan tidur setelah seks dan cara membersihkan diri setelah seks dilakukan. Masalah seks memang terlihat sepele apalagi rutinitas sanitasi setelahnya. Namun, kalau tidak dilakukan dengan baik, kondisi seperti iritasi hingga infeksi bisa terjadi dan hal itu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tags
Loading...
Loading...