Minggu, 25 Agustus 2019 16:03 WITA

Korsel Gelar Latihan Perang untuk Mempertahankan Diri Melawan Jepang

Editor: Suriawati
Korsel Gelar Latihan Perang untuk Mempertahankan Diri Melawan Jepang
Kendaraan amfibi Korps Marinir Korea Selatan melakukan perjalanan selama latihan milite di Pohang, Korea Selatan pada 5 April 2018. (Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM - Korea Selatan telah memulai latihan perang untuk melatih pasukan mempertahankan pulau-pulau yang disengketakan dengan Jepang.

Latihan itu dinamai 'pelatihan pertahanan wilayah Laut Timur'. Itu dimulai pada hari Minggu (25/08/2019) dan akan berlangsung selama dua hari.

Angkatan laut Korea Selatan mengatakan bahwa itu akan melibatkan kapal perang dan pesawat.

"Ini bertujuan memperkuat tekad militer untuk mempertahankan pulau-pulau Dokdo dan daerah di sekitar Laut Jepang," kata angkatan laut Korea Selatan.

Korea Selatan pertama kali melakukan latihan ini pada tahun 1986 dan terus melakukannya dua kali setahun, biasanya pada bulan Juni dan Desember.

Latihan tahun ini agak tertunda, dan dilakukan ketika ketegangan dengan kedua negara tetap berlanjut.

Loading...

Seoul telah mengendalikan pulau-pulau berbatu di Laut Jepang sejak 1945, ketika 35 tahun pemerintahan kolonial Jepang atas semenanjung Korea berakhir.

Namun Tokyo juga mengklaim pulau-pulau itu dan menuduh Korea Selatan mendudukinya secara ilegal.

Selain bersengketa terkait pulau, kedua negara ini juga terlibat dalam perselisihan perdagangan dan diplomatik dalam beberapa pekan terakhir.

Beberapa waktu lalu, putusan pengadilan Korea Selatan memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang untuk membayar kerja paksa selama Perang Dunia II.

Itu merupakan respon balasan atas Jepang, karena memberlakukan pembatasan baru pada ekspor yang penting bagi perusahaan teknologi Korea Selatan.

Loading...
Loading...