Sabtu, 24 Agustus 2019 20:14 WITA

Banyak Atlet di Dunia Giginya Rusak Akibat Minuman Energi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Banyak Atlet di Dunia Giginya Rusak Akibat Minuman Energi

RAKYATKU.COM - Para olahragawan top di dunia merusak gigi mereka dengan minum terlalu banyak minuman energi. Pernyataan ini berdasarkan hasil penelitian terbaru.

Atlet elit memiliki tingkat penyakit gusi yang tinggi, meskipun mereka menyikat dua kali sehari, kata para ilmuwan, dikutip dari Mirror Online, Sabtu (24/8/2019).

Temuan ini didasarkan pada lebih dari 350 bintang sepak bola, rugby, bersepeda, dan olahraga lainnya di dunia.

Hampir sembilan dari sepuluh (87%) mengatakan mereka mengonsumsi minuman olahraga dan tujuh dalam sepuluh (70%) versi gel pekat di mana air ditambahkan.

Sementara itu, enam dari sepuluh (59%) mengaku sering meraih bar energi. Ketiga produk buruk bagi gigi karena kandungan gula yang tinggi.

"Kami menemukan mayoritas atlet dalam survei kami sudah memiliki kebiasaan yang berhubungan dengan kesehatan mulut sebanyak mereka menyikat gigi dua kali sehari, mengunjungi dokter gigi secara teratur, jangan t merokok dan menjalani diet umum yang sehat," ujar Pakar gigi Dr Julie Gallagher, dari University College London.

"Namun, mereka sering menggunakan minuman olahraga, gel energi dan bar selama pelatihan dan kompetisi."

"Gula dalam produk ini meningkatkan risiko kerusakan gigi dan keasamannya meningkatkan risiko erosi. Ini bisa berkontribusi pada tingginya tingkat kerusakan gigi dan erosi asam yang kami lihat selama pemeriksaan gigi."

Pesepakbola terbaik dunia dikenal karena kulit putih mutiara mereka. Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Philippe Coutinho adalah beberapa di antara mereka yang telah berinvestasi dalam senyum mereka.

Banyak klub juga mengatur agar pemain melakukan pemeriksaan gigi rutin. Bakteri mulut dapat berpindah dari gusi ke aliran darah, memengaruhi kinerja.

Ini juga dikaitkan dengan sejumlah penyakit yang mengancam kehidupan, dari penyakit kardiovaskular dan kanker hingga demensia.

Studi yang diterbitkan dalam British Dental Journal menemukan sebagian besar peserta - yang juga termasuk perenang, pendayung, pemain hoki dan bintang-bintang di trek dan lapangan - ingin meningkatkan kebersihan mulut mereka.

loading...

Atlet pria dan wanita elit memberikan rincian pemeriksaan gigi terbaru yang mengukur kerusakan gigi, kesehatan gusi dan erosi asam.

Satu dari dua (49,1%) memiliki kerusakan gigi yang tidak diobati, sebagian besar menunjukkan tanda-tanda awal peradangan gusi dan sekitar sepertiga (32%) melaporkan kesehatan mulut mereka memiliki dampak negatif pada pelatihan dan kinerja mereka.

Para peneliti juga bertanya kepada mereka apa yang mereka lakukan untuk menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi mereka.

Lebih dari sembilan dari sepuluh (94%) melaporkan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, dan hampir setengah (44%) secara teratur membersihkan sela-sela gigi mereka, yang dikenal sebagai flossing.

Angka-angka ini jauh lebih tinggi daripada populasi umum yaitu masing-masing 75 dan 21 persen.

Studi ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh lab yang sama sejak Olimpiade London 2012, yang dipimpin oleh Profesor Ian Needleman.

Temuan sebelumnya telah menyarankan atlet elit juga mungkin menghadapi peningkatan risiko penyakit mulut dari mulut kering selama pelatihan intensif.

Yang menggembirakan, para atlet yang disurvei mengatakan mereka akan mempertimbangkan untuk mengadopsi kebiasaan kebersihan mulut yang lebih baik untuk mengatasi hal ini dan sebuah studi intervensi telah diujicobakan.

Gallagher menambahkan: "Para atlet bersedia mempertimbangkan perubahan perilaku seperti penggunaan fluoride tambahan dari obat kumur, kunjungan gigi yang lebih sering, dan mengurangi asupan minuman olahraga, untuk meningkatkan kesehatan mulut.

"Kami kemudian meminta beberapa dari mereka dan mendukung anggota tim untuk membantu kami merancang studi intervensi kesehatan mulut, berdasarkan teori perubahan perilaku kontemporer dan kami akan segera mempublikasikan hasilnya."

Tags
Loading...
Loading...