Sabtu, 24 Agustus 2019 11:31 WITA

Demonstran Hong Kong Bentuk Rantai Manusia Sepanjang 7 Km

Editor: Suriawati
Demonstran Hong Kong Bentuk Rantai Manusia Sepanjang 7 Km
Getty Images

RAKYATKU.COM, HONG KONG - Para pengunjuk rasa Hong Kong kembali turun ke jalan pada hari Jumat (23/08/2019). Tapi kali ini, mereka menuntut demokrasi dengan cara yang berbeda.

Bersama-sama, para pengunjuk rasa membentuk rantai manusia sepanjang 28 mil (7 km) di 39 stasiun kereta api.

Para demonstran menyanyikan lagu-lagu, sambil memegang tanda-tanda kecil yang mengatakan, "Terima kasih telah mendukung kebebasan dan demokrasi."

Demonstrasi ini adalah yang terbaru dalam gerakan 11 minggu yang berakar dari kemarahan atas RUU ekstradisi yang telah ditangguhkan.

Demonstran Hong Kong Bentuk Rantai Manusia Sepanjang 7 KmAksi membuat rantai manusia ini dijuluki Hong Kong Way dan terinspirasi oleh Baltik Way, protes 1989 di seluruh negara Baltik.

Loading...

Pada 23 Agustus 1989, sekitar 2 juta warga Latvia, Lithuania, dan Estonia yang memprotes dominasi Soviet di wilayah tersebut turun ke jalan.

"Saya bergabung dengan Hong Kong Way karena damai," kata seorang pengunjuk rasa bernama Peter Cheung kepada Reuters.

"Ini adalah peringatan 30 tahun Baltik Way. Saya harap akan ada peluang lebih besar untuk membuat keributan internasional."

Demonstran Hong Kong Bentuk Rantai Manusia Sepanjang 7 KmSaat ini, tuntutan pemrotes Hong Kong telah berkembang dari permintaan awal untuk membatalkan RUU ekstradisi. Para pengunjuk rasa kini menuntut kebebasan demokratis yang lebih besar, pengunduran diri pemimpin Hong Kong dan penyelidikan atas klaim penggunaan kekuatan berlebihan oleh polisi.

Loading...
Loading...