Sabtu, 24 Agustus 2019 10:24 WITA

Parepare Menuju STBM Award Lima Pilar

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Nur Hidayat Said
Parepare Menuju STBM Award Lima Pilar
Sekrertaris Daerah Kota Parepare Iwan Asaad.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Kota Parepare lolos verifikasi berkas untuk ikut dalam persaingan mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 5 Pilar. 

Hal ini dipaparkan Zulkarnanen, Kepala Bidang Perencanaan Praswilek Bappeda Parepare, Sabtu (24/8/2019). "Parepare sudah. Karena itu akan dinilai atau diverifikasi lapangan oleh Tim Kementerian dan Provinsi yang akan turun di Parepare pada 26-31 Agustus 2019," jelasnya.

Tahun lalu, Parepare sudah mendapatkan penghargaan STBM Award untuk 1 pilar dan satu-satunya daerah di luar Pulau Jawa yang sudah mendapatkan predikat 0 % ODF atau open defecation free (tidak ada lagi yang BAB sembarangan). Tahun ini untuk penilaian 5 pilar.

“Lima pilar STBM itu di antaranya, pertama, tidak buang air besar di sembarang tempat. Kedua mencuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir. Ketiga mengelola air minum rumah tangga. Keempat, mengolah sampah rumah tangga, dan kelima mengolah limbah cair rumah tangga,” urainya.

Terpisah, Sekrertaris Daerah Kota Parepare Iwan Asaad menjelaskan, penghargaan STBM Berkelanjutan Award merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Rakornas STBM 2017 tentang kerja sama lima kementerian dalam penuntasan akses sanitasi masyarakat.

Loading...

Award ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang telah berhasil pada pilar 1 STBM serta mengupayakan keberlanjutannya.

Dengan adanya STBM Berkelanjutan Award, kata dia, diharapkan menjadi pemicu bagi daerah lainnya untuk mencapai target STBM dan melahirkan banyak inovasi untuk percepatan Universal Akses 2019 maupun SDG’s 2030.

“Dan Pemerintah Kota Parepare berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan Parepare sebagai Kota Peduli Sanitasi,” ungkapnya.

Diketahui, Penghargaan STBM Berkelanjutan merupakan penghargaan berjenjang dengan 5 kategori, yakni kategori STBM Eka Pratama (memenuhi 1 pilar STBM), STBM Dwi Pratama (memenuhi 2 pilar STBM), STBM Eka Madya (memenuhi 3 pilar STBM), STBM Dwi Madya (memenuhi 4 pilar STBM), dan STBM Utama (memenuhi 5 pilar STBM).

Loading...
Loading...