Kamis, 22 Agustus 2019 19:45 WITA

Anak Petani Bulukumba Raih Gelar Doktor di UNM dengan Predikat Cumlaude

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Anak Petani Bulukumba Raih Gelar Doktor di UNM dengan Predikat Cumlaude
Andi Paida

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Lahir dari keluarga petani menjadi pelecut semangat bagi Andi Paida. Dia sukses meraih gelar akademik tertinggi dengan predikat cumlaude.

Perempuan kelahiran Panaikang 24 Februari 1988 itu diwisuda Rabu (21/8/2019) di Menara Pinisi, UNM. Dia mendapatkan IPK 3,96 pada bidang pendidikan bahasa.

Orang tua Andi Paida berasal dari Desa Bontolohe, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba. Perempuan 31 tahun itu bekerja sebagai dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Makassar.

Orang tuanya Haji Andi Liong dan almarhumah ibu, Hadeyang bekerja sebagai petani.

"Saya anak petani. Saya punya kemauan untuk belajar. Alhamdulillah niat baik akan menuai hasil yang baik pula," kata Andi Paida.

Perempuan lajang tersebut berharap apa yang dia peroleh saat ini mampu memotivasi generasi muda Bulukumba untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, meski datang dari keluarga yang sederhana.

"Tuhan akan memberikan jalan bagi orang-orang yang mau berbuat. Kalau orang lain bisa, kita juga sebagai anak petani harus bisa," ujarnya.

Andi Paida sukses mempertahankan disertasinya pada 24 Juni 2019. Disertasinya berjudul, "Pengembangan Bahan Ajar Karya Tulis Ilmiah Melalui Metode Elektronik Autoplay di Universitas Muhammadiyah Makassar."

Andi Paida memulai pendidikan di SD Negeri 242 Galung Boddong pada tahun 2009. Lalu melanjutkan pendidikan ke SLTP Negeri 4 Bulukumpa dan lulus tahun 2002. 

Loading...

Dia kemudian melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 1 Bulukumpa tahun 2002 dan lulus pada tahun 2005.  

Kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Muhammadiyah Makassar dengan konsentrasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Gelar sarjana diperoleh tahun 2009. 

Tak puas hanya S1, dia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Muhammadiyah Makassar dan lulus pada tahun 2012. 

Sejauh ini, Andi Paida telah menerbitkan beberapa jurnal nasional. Di antaranya; “Keefektifan Strategi OK5R (Overview, Key Ideals, Read, Record, Recite, Review dan Reflect) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Eksposisi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 42 Makassar”. 

Ada juga “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Metode Partisipatori Siswa Kelas VII SMPN Palangga Kabupaten Gowa”.

Tahun 2017 dia menerbitkan jurnal berjudul, “Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik Melalui Metode Gallery Of Learning (Galleri Belajar)”.


 

Loading...
Loading...