Kamis, 22 Agustus 2019 19:16 WITA

Korlantas Polri Luncurkan Smart SIM, Berisi Data Forensik Sekaligus Uang Elektronik

Editor: Abu Asyraf
Korlantas Polri Luncurkan Smart SIM, Berisi Data Forensik Sekaligus Uang Elektronik
Penampilan Smart SIM

RAKYATKU.COM - Surat Izin Mengemudi (SIM) tengah dibuat lebih canggih. Nantinya, tidak lagi sekedar kartu biasa. Sekaligus berfungsi sebagai uang elektronik.

Rencananya, grand launching Smart SIM dilakukan 22 September 2019 bertepatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, smart SIM bisa diisi uang maksimal Rp2 juta. Uang itu bisa digunakan bertransaksi sebagaimana uang elektronik lainnya.

Polri akan menanam chip pada Smart SIM tersebut untuk keperluan data. Isinya mulai dari nomor telepon orang terdekat hingga data forensik.

"Semua data forensik kepolisian ada pada chip. Jadi SIM itu ada chipnya, dengan kapasitas tertentu, semua data forensik itu ada, sebagaimana data identitas kependudukan kita," ujar Refdi seperti dikutip dari Detikcom.

Nomor telepon orang terdekat itu dibutuhkan agar bisa dihubungi apabila terjadi sesuatu di jalan.

Secara tampilan fisik, kartu Smart SIM tidak berbeda jauh dengan kartu SIM biasa. Smart SIM didominasi warna putih dan merah.

Pada bagian atas kartu terdapat tulisan "Indonesia". Persis di bawahnya, terdapat tulisan "Surat Izin Mengemudi". Logo Kepolisian Negara Republik Indonesia terletak di pojok kiri atas.

Foto pemilik SIM berada di sebelah kiri. Pada bagian tengah terdapat data pribadi pemilik, di antaranya nama, tempat tanggal lahir, golongan darah-jenis kelamin, tempat tinggal, dan pekerjaan. Masa berlaku SIM ada apa bagian pojok kanan bawah.

Sementara pada bagian belakang, tampilan Smart SIM berwarna putih. Panjang kartu sekitar 86 mm dan lebarnya 53,96 mm.

Koordinator Konsultan Satpas Prototipe dan FIFO Korlantas RI, Tino Kawilarang di Cikarang, Selasa mengatakan Smart SIM memiliki fungsi yang berbeda dengan SIM pada umumnya.

Sejauh ini sudah ada tiga bank yang digandeng, yakni BRI, BNI, dan Mandiri. Smart SIM ini nantinya bisa juga digunakan untuk pembayaran MRT dan tol.

Loading...
Loading...

Berita Terkait