Kamis, 22 Agustus 2019 11:03 WITA

Program Kota Tanpa Kumuh Gowa Incar Posisi 3 Nasional

Editor: Andi Chaerul Fadli
Program Kota Tanpa Kumuh Gowa Incar Posisi 3 Nasional

RAKYATKU.COM, GOWA - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Gowa berada di urutan lima besar dari 113 kelurahan dampingan se Indonesia saat ini. Dalam peraihan progres fisik infrastruktur nasional, Gowa berada di urutan kelima dengan capaian 71,57 persen. 

Adapun daerah yang berada d depan urutan Kotaku Gowa diantaranya Kota Waringin Timur (Kalteng) 77,72 persen, Kota Mobagu (Sulut) 77,38 persen, Kabupaten Bantaeng (Sulsel) 75,21 persen dan Kabupaten Pamekasan (Jatim) 75,09 persen.

Meski masih berada di posisi kelima, program yang telah berjalan selama 2019 ini telah mampu membawa harum Kabupaten Gowa dalam mengurangi pemukiman yang tidak sehat. 

"Namun yang jelas kami bersyukur karena progress Kotaku di Gowa masuk lima besar. Ini membuktikan bahwa sistem kerja partisipatif di Gowa semakin tinggi. Patutlah kita berbangga bahwa mindset masyarakat untuk mengembangkan Kotaku mulai melaju di Gowa," kata Koordinator Kota program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah IV Nurliah Ruma, Kamis (23/8/2019).

Awalnya, Pemerintah Kabupaten Gowa menargetkan di tahun ini berada di urutan ketiga. 

Loading...

"Seluruh upaya dalam rangka mengejar tiga besar telah kami lakukan kerjasama dengan semua unsur pemerintah di bawah kepemimpinan sektor Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Pemerintah tingkat kecamatan, kelurahan dan masyarakat. 

Pengawasan di tingkat masyarakat maupun beberapa lembaga-lembaga peduli pun terus dilakukan. 

Ia menargetkan, satu bulan ke depan, pihaknya masih optimis akan masuk di tiga besar nasional karena rencana strategi dan terukur menjadi pedoman bergerak.

Diketahui, program Kotaku yang berada dalam pelaksanaan bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) tahun 2019 untuk Kabupaten Gowa pagunya sebesar Rp 17 miliar yang diperuntukkan kepada 10 kelurahan.

Tags
Loading...
Loading...