Kamis, 22 Agustus 2019 09:16 WITA

Drone Militer Amerika Serikat Ditembak Jatuh di Yaman

Editor: Andi Chaerul Fadli
Drone Militer Amerika Serikat Ditembak Jatuh di Yaman

RAKYATKU.COM - Sebuah drone militer Amerika Serikat ditembak jatuh di Yaman. Para pejabat AS yang mengatakan pesawat tak berawak MQ-9 ditembak jatuh di atas pemerintahan Dhamar negara itu, sebuah wilayah yang terletak di sebelah tenggara ibukota Sanaa yang dikuasai Houthi, Selasa malam.

Seorang juru bicara militer untuk pemberontak Houthi sebelumnya mengklaim bahwa pertahanan udara telah menjatuhkan pesawat tak berawak milik AS, dikutip dari Reuters, Kamis (22/8/2019).

Menurut seorang pejabat, diyakini pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal darat-ke-udara. Sementara yang lain mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan siapa yang bertanggung jawab.

Ini menandai contoh terbaru dari drone yang dioperasikan AS yang dijatuhkan di Yaman, di mana ia kadang-kadang melakukan serangan terhadap gerilyawan Al Qaeda di wilayah tersebut, yang dikenal sebagai al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Loading...

Pada Juni, AS mengatakan kelompok Houthi yang berpihak Iran telah menembak jatuh pesawat tak berawak lain dalam insiden serupa.

Itu terjadi ketika ketegangan tetap sangat tinggi antara Iran dan AS, sejak keputusan kontroversial Presiden Donald Trump tahun lalu untuk mundur dari perjanjian nuklir internasional.

Tags
Loading...
Loading...