Kamis, 22 Agustus 2019 09:04 WITA

Kasus Listeria Meningkat, Spanyol Buat Peringatan Internasional

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kasus Listeria Meningkat, Spanyol Buat Peringatan Internasional

RAKYATKU.COM - Spanyol telah mengeluarkan peringatan internasional setelah jumlah warga yang dipengaruhi oleh wabah listeria terbesar di negara itu naik menjadi 150.

Seorang wanita berusia 90 tahun telah terbunuh oleh infeksi itu ketika kementerian kesehatan mengatakan sedang memeriksa 523 kasus listeriosis, dikutip dari Sky News, Kamis (22/8/2019).

Penyebaran itu memicu kekhawatiran di Spanyol, yang dikunjungi sekitar 80 juta wisatawan per tahun.

Listeriosis biasanya berasal dari makan makanan yang mengandung bakteri listeria.

Ini dapat ditemukan di banyak jenis makanan tetapi terutama masalah dengan susu yang tidak dipasteurisasi, keju lunak, dan makanan ringan siap makan seperti sandwich yang sudah dikemas.

Sebagian besar kasus yang dikonfirmasi di Spanyol telah dicatat di wilayah selatan Andalusia, di mana pabrik daging babi kemasan yang terkait dengan wabah tersebut berada.

Tetapi ada kasus lain sejauh Catalonia di timur laut, di mana sekitar 50 orang tetap di rumah sakit.

Loading...

Listeria biasanya menyebabkan penyakit ringan tetapi bisa berbahaya bagi wanita hamil, 23 di antaranya masih di rumah sakit.

Ini juga lebih berbahaya bagi mereka yang sistem kekebalannya melemah.

Kementerian Kesehatan Spanyol telah mengeluarkan peringatan kepada otoritas Uni Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia terkait wabah tersebut.

Pabrik tersebut, dimiliki oleh Magrudis yang berbasis di Seville, diperiksa oleh otoritas kesehatan setelah tes laboratorium menunjukkan adanya listeria di salah satu produknya.

Pihak berwenang telah menutup pabrik pemasok daging babi dan menarik kembali semua produknya.

Perusahaan belum menanggapi permintaan komentar.

Tags
Loading...
Loading...