Kamis, 22 Agustus 2019 07:00 WITA

Kalahkan Hadji Kalla, Astra Menangkan Lelang Mobil Baru Jokowi dan Menterinya

Editor: Abu Asyraf
Kalahkan Hadji Kalla, Astra Menangkan Lelang Mobil Baru Jokowi dan Menterinya
Mobil dinas Presiden Joko Widodo saat ini.

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo dan para menterinya akan menikmati fasilitas baru. Mobil dinas mereka segera diganti. Pemerintah menganggarkan Rp147 miliar untuk mobil baru itu.

Jokowi nantinya akan menggunakan salah satu di antara mobil teraman dari BMW atau Mercedes-Benz. 

Bukan hanya Jokowi, para menteri juga bakal menikmati fasilitas baru. Sudah ada anggaran dalam APBN 2019 yang disiapkan. Nilainya 152.540.300.000. 

Ada 41 peserta yang mengikuti lelang untuk pengadaan barang bagi para menteri Jokowi. Namun hanya empat yang lolos secara administrasi dan tiga lolos teknis. 

Keempat perusahaan tersebut adalah PT Astra International TBK TSO, PT Hadji Kalla, PT New Ratna motor, dan PT Agung Automall.

Sedangkan yang dinyatakan sebagai pemenang adalah PT Astra International TBK-TSO dengan harga penawaran Rp147.229.317.000. 

Loading...

Ketiga sisanya tidak lolos karena berbagai alasan seperti penawaran harga melebih Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan juga tidak melampirkan jadwal pelaksanaan pekerjaan. 

Sebelumnya, para menteri menumpangi Toyota Camry. Belakangan diganti dengan Crown Royal Saloon yang sekelas lebih tinggi dari pada Camry.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No 577/KM.6/2017 tentang Modul Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara untuk Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara, mobil menteri kualifikasi A1 harus berupa mobil sedan dengan mesin 3.500 cc/6 silinder atau mobil jenis SUV 3.500 cc/6 silinder.

Mobil dengan spesifikasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan riil untuk pejabat setingkat menteri. Maka, nantinya mobil baru yang akan diadakan harus memenuhi spesifikasi tersebut. 


 

Loading...
Loading...