Kamis, 22 Agustus 2019 06:00 WITA

Lupa Tutup Pintu, Kereta Peluru Berkecepatan 280 Km Per Jam Nyaris Celakai 340 Penumpang

Editor: Abu Asyraf
Lupa Tutup Pintu, Kereta Peluru Berkecepatan 280 Km Per Jam Nyaris Celakai 340 Penumpang
Kereta peluru di Jepang.

RAKYATKU.COM - Siapa pun bisa merinding membayangkan kereta peluru melaju cepat dengan pintu terbuka. Tidak main-main, kecepatannya mencapai 280 kilometer per jam.

Peristiwa itu terjadi di Jepang. Kereta peluru melaju dari Sendai yang berlokasi di timur laut Tokyo.

Pintu yang terbuka baru ketahuan setelah alarm yang menandakan ada masalah tiba-tiba berbunyi. Kondektur kereta peluru Hayabusa No 46 itu langsung memerintahkan penghentian darurat. 

Perusahaan East Japan Railway selaku operator menuturkan, insiden itu dipicu petugas kebersihan yang lupa menutup pintu secara manual. 

Beruntung, tidak ada penumpang yang cedera. Saat itu, kereta mengangkut 340 orang.

"Tidak ada yang terluka dalam insiden selama 40 detik. Kondektur langsung menghentikan kereta peluru di terowongan Shibata," kata operator seperti dikutip dari The Mainichi via The Independent, Rabu (21/9/2019).

Loading...

Kementerian Transportasi Negeri Jepang menanggapi dengan memerintahkan operator untuk mencegah adanya insiden serupa di masa depan. 

Awal tahun ini, operator tersebut melaksanakan uji coba kereta peluru tercepat yang diklaim bisa menembus kecepatan 400 km per jam. 

Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir munculnya kereta Alfa-X, kru bakal tetap ditempatkan untuk mencegah adanya kecelakaan. 

Adapun kereta peluru tersebut bisa mencapai tujuan terakhirnya setelah terlambat selama 19 menit, dan memberi efek berantai. 

Kyodo dikutip The Japan Times memberitakan, insiden itu mengakibatkan penundaan tujuh shinkansen lainnya, dan merugikan 3.300 penumpang.

Loading...
Loading...