Rabu, 21 Agustus 2019 21:01 WITA

Tomy Satria Harap TPAKD Bantu Pelaku Usaha Dapatkan Kredit UMKM

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Tomy Satria Harap TPAKD Bantu Pelaku Usaha Dapatkan Kredit UMKM
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengukuhkan anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Bulukumba, Rabu (21/8/2019).

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengukuhkan anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Bulukumba, Rabu (21/8/2019).

TPAKD ini dipimpin sekretaris daerah selaku koordinator tim. Lalu, ada sekretaris dan anggota tim yang terdiri atas kepala organisasi perangkat daerah, kepala bagian lingkup setda, kepala BPS, pimpinan perguruan tinggi, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bulukumba, dan Himpunan Pedagang Kaki Lima.

Acara pengukuhan yang berlangsung di ruang pola kantor bupati, Rabu (21/8/2019) juga dihadiri oleh Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Kantor Regional 6 Sulawesi Maluku dan Papua, Dani Surya Sinaga.

Hadir juga Kepala Biro Perekonomian Sulsel Since Erna Lamba; Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Endang Kurnia Saputra; dan Kepala Wilayah Dirjen Perbendaharaan Prov Sulawesi Selatan, Sudarmanto. 

Tiga nama pertama disebut juga bertindak selaku narasumber pada sosialisasi fasilitasi akses keuangan bagi UMKM binaan.

Tomy dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada anggota TPAKD yang telah dikukuhkan. 

Dirinya berharap secepatnya anggota tim dapat melakukan langkah-langkah yang konkret dalam membantu dan memfasilitasi masyarakat pelaku usaha untuk mendapatkan akses kredit UMKM, yang bergerak di sektor produksi dan wirausaha pemula.

Loading...

"Pembentukan TPAKD ini harus benar-benar dirasakan, bahwa tim ini hadir untuk memberikan solusi terhadap pencapaian akses keuangan bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha," ungkapnya.

TPAKD ini, lanjutnya, harus mendorong terciptanya inklusi keuangan, yakni bagaimana membawa masyarakat yang selama ini tidak dapat mengakses bank, bisa masuk dalam lingkup sistem keuangan formal.

Dengan begitu, mereka memiliki kesempatan untuk mengakses berbagai layanan keuangan, mulai dari tabungan, kredit, asuransi, dan fasilitas pembayaran lainnya.

Dikatakan, kehadiran TPAKD, maka kesempatan ini menjadi momentum yang baik bagi para pengusaha muda untuk terus berimprovisasi, berinovasi, dan kreatif dalam menciptakan berbagai peluang usaha, mengingat masih besarnya prospek ekonomi Kabupaten Bulukumba.

Pada kesempatan tersebut, Tomy Satria Yulianto juga menyerahkan secara simbolis kepada tujuh orang pelaku usaha yang mendapatkan bantuan kredit dari beberapa lembaga keuangan dan perbankan, seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan PNM.   

Loading...
Loading...